PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 GUNUNGSITOLI IDANOI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

  • Selvi Arwita Gulo Universitas Nias
  • Wahyutra Adilman Telaumbanua Universitas Nias
  • Asali Lase Universitas Nias
  • Eka Septianti Laoli Universitas Nias

Abstract

Model pembelajaran dapat menentukan hasil belajar siswa. Permasalahan yang terjadi di SMP Negeri 1 Gunungsitoli Idanoi dimana guru masih menerapkan model pembelajaran ceramah, sehingga kerap menyebabkan siswa tidak dapat memahami apa yang diajarkan sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Pada tahun 2022 dan 2023 rata-rata siswa tidak tuntas pada mata pelajaran IPS, hal ini dikarenakan tidak terlibatnya siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas, tujuannya untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran learning cyrcle. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 67,57% dengan kriteria kurang baik, sementara hasil belajar pada siklus II mencapai 81.19% dengan kriteria baik. Kesimpulannya bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Gunungsitoli idanoi.

Abstract

Model pembelajaran dapat menentukan hasil belajar siswa. Permasalahan yang terjadi di SMP Negeri 1 Gunungsitoli Idanoi dimana guru masih menerapkan model pembelajaran ceramah, sehingga kerap menyebabkan siswa tidak dapat memahami apa yang diajarkan sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Pada tahun 2022 dan 2023 rata-rata siswa tidak tuntas pada mata pelajaran IPS, hal ini dikarenakan tidak terlibatnya siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas, tujuannya untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran learning cyrcle. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 67,57% dengan kriteria kurang baik, sementara hasil belajar pada siklus II mencapai 81.19% dengan kriteria baik. Kesimpulannya bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Gunungsitoli idanoi.

Published
2024-08-22
How to Cite
GULO, Selvi Arwita et al. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 GUNUNGSITOLI IDANOI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 387-397, aug. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/5111>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i2.5111.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.