PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY BERBASIS CAPCUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 TUHEMBERUA

  • Onema Berkat Yudikasih Gea Universitas Nias
  • Arianto Lahagu Universitas Nias
  • Bezisokhi Laoli Universitas Nias
  • Yearning Harefa Universitas Nias

Abstract

Kurangnya motivasi belajar siswa yang berdampak pada penurunan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tuhemberua disebabkan penerapan model pembelajaran yang kurang efektif. Berkaitan dengan hal tersebut, penulis melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Role Play berbasis capcut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan model pembelajaran tersebut, serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Tuhemberua. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus pada pelaksanaannya. Dari hasil penelitian diketahui bahwa persentase nilai lembar observasi guru dan siswa serta lembar hasil belajar siswa pada siklus I tidak sebesar pada siklus II. Pada siklus II, rata-rata lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan hasil belajar siswa meningkat sebesar 93,18%, 80,86%, dan 80,33% dengan presentase ketuntasan siswa pada mata pelajaran sebesar 90,63%. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Role Play berbasis capcut.

Abstract

Kurangnya motivasi belajar siswa yang berdampak pada penurunan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tuhemberua disebabkan penerapan model pembelajaran yang kurang efektif. Berkaitan dengan hal tersebut, penulis melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Role Play berbasis capcut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan model pembelajaran tersebut, serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Tuhemberua. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus pada pelaksanaannya. Dari hasil penelitian diketahui bahwa persentase nilai lembar observasi guru dan siswa serta lembar hasil belajar siswa pada siklus I tidak sebesar pada siklus II. Pada siklus II, rata-rata lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan hasil belajar siswa meningkat sebesar 93,18%, 80,86%, dan 80,33% dengan presentase ketuntasan siswa pada mata pelajaran sebesar 90,63%. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Role Play berbasis capcut.

Published
2024-08-21
How to Cite
YUDIKASIH GEA, Onema Berkat et al. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY BERBASIS CAPCUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 TUHEMBERUA. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 368-376, aug. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/5102>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i2.5102.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.