EFEKTIVITAS TEKNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX PUTRA SMP AL-QURAN MINHAJUT THULLAB
Abstract
Untuk mengetahui apakah teknik modeling evektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX Putra SMP Al-Quran Minhajut Thullab. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre eksperimental design. Dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini 18 siswa kelas IX SMP Al -Quran Minhajut Thullab. Subjek Penelitian dipilih secara porposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 12 siswa dengan kriteria motivasi belajar rendah. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket skala motivasi belajar . Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis data yaitu uji wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 16.0 for windows. Berdasarkan hasil perhitungan uji wilcoxon menggunakan SPSS versi 16.0 diperoleh nilai Z sebesar -3,063a dengan simpotik signifikansi untuk uji dua arah sebesar 0,002. Dari hasil pengujian diatas, diketahui nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,003<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima karena adanya pengaruh efektivitas teknik modeling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX Putra SMP Al-Quran Minhajut Thullab setelah dilakukan treatment menggunakan teknik modelling.
Abstract
Untuk mengetahui apakah teknik modeling evektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX Putra SMP Al-Quran Minhajut Thullab. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre eksperimental design. Dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini 18 siswa kelas IX SMP Al -Quran Minhajut Thullab. Subjek Penelitian dipilih secara porposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 12 siswa dengan kriteria motivasi belajar rendah. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket skala motivasi belajar . Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis data yaitu uji wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 16.0 for windows. Berdasarkan hasil perhitungan uji wilcoxon menggunakan SPSS versi 16.0 diperoleh nilai Z sebesar -3,063a dengan simpotik signifikansi untuk uji dua arah sebesar 0,002. Dari hasil pengujian diatas, diketahui nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,003<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima karena adanya pengaruh efektivitas teknik modeling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX Putra SMP Al-Quran Minhajut Thullab setelah dilakukan treatment menggunakan teknik modelling.