EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENNT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VII MTS MIFTAHUL MUBTADIIN BANYUWANGI

  • Muhammad Iskandar Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Nasruliyah Hikmatul Maghfiroh Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ika Romika Mawaddati Universitas PGRI Argopuro Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah konseling kelompok dengan Teknik positife reinforcement efektif untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas VII


MTs Miftahul Mubtatiin Banyuwangi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif. Dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Populasi


dalam penelitian ini 112 siswa kelas VII MTs Miftahul Mubtadiin Banyuwangi. Subjek Penelitian dipilih secara porposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa dan


subjeknya sebanyak 10 siswa dengan kriteria kedisiplinan belajar sedang dan rendah. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket skala kedisiplinan belajar. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis data yaitu uji wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar pada 10 siswa mengalami peningkatan setelah memperoleh treatment menggunakan teknik positive reinforcement, dari nilai pretest ke nilai posttest. Mean ranks meningkat sebesar 5,50 sedangkan jumlah sum of ranks sebesar 55,00. Dari negatif ranks sebesar 0 menunjukkan tidak ada penurunan tingkat kedisilinan belajar siswa nilai pretest ke nilai posttest. Dan hasil uji wilcoxon diperoleh nilai Z sebesar -2,887 dengan simpotik uji dua arah sebesar 0,004. Dari hasil pengujian, diketahui nilai Asymp. Sig. (2 tailed) sebesar 0,004<0,04 maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa treatment menggunakan teknik positive reinforcement efektif untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas VII MTs Miftahul Mubtadiin Banyuwangi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah konseling kelompok dengan Teknik positife reinforcement efektif untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas VII


MTs Miftahul Mubtatiin Banyuwangi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif. Dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Populasi


dalam penelitian ini 112 siswa kelas VII MTs Miftahul Mubtadiin Banyuwangi. Subjek Penelitian dipilih secara porposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa dan


subjeknya sebanyak 10 siswa dengan kriteria kedisiplinan belajar sedang dan rendah. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket skala kedisiplinan belajar. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis data yaitu uji wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar pada 10 siswa mengalami peningkatan setelah memperoleh treatment menggunakan teknik positive reinforcement, dari nilai pretest ke nilai posttest. Mean ranks meningkat sebesar 5,50 sedangkan jumlah sum of ranks sebesar 55,00. Dari negatif ranks sebesar 0 menunjukkan tidak ada penurunan tingkat kedisilinan belajar siswa nilai pretest ke nilai posttest. Dan hasil uji wilcoxon diperoleh nilai Z sebesar -2,887 dengan simpotik uji dua arah sebesar 0,004. Dari hasil pengujian, diketahui nilai Asymp. Sig. (2 tailed) sebesar 0,004<0,04 maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa treatment menggunakan teknik positive reinforcement efektif untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas VII MTs Miftahul Mubtadiin Banyuwangi.

Published
2024-08-21
How to Cite
ISKANDAR, Muhammad; MAGHFIROH, Nasruliyah Hikmatul; MAWADDATI, Ika Romika. EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENNT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VII MTS MIFTAHUL MUBTADIIN BANYUWANGI. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 355-362, aug. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/5096>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i2.5096.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.