ANALISIS FAKTOR PENYEBAB BULLYING PADA SISWA SD NEGERI KEMBARAN DI GENERASI ALPHA ERA 5.0

  • Astri Trias Puspitaningrum Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Yudha Febrianta Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Abstract

Bullying ialah perilaku negative yang dijalankan Orang atau sekelompok orang yang melakukan tindakan berulang dengan maksud menyakiti orang lain baik secara mental maupun fisik yang menyebabkan perasaan tidak aman dan tidak nyaman bagi orang lain. Siswa kelas II SD Negeri Kembaran beberapa peserta didik masih suka membully sesama teman sebaya. Dengan begitu, studi ini tujuannya untuk memahami bagaimana karakteristik perilaku bullying, dan bentuk bullying yang dilakukan peserta didik serta faktor yang menyebabkan timbulnya perilaku bullying pada SD Negeri Kembaran. Metode penelitian yang dimanfaatkan studi ini ialah kualitatif. Subjek studi ini yaitu guru kelas, murid, dan orang tua. Teknik pengumpulan data dijalankan melewati wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwasanya perilaku bullying pada murid kelas II SD N Kembaran terjadi karena peserta didik menghadapi bullying dari teman di sekolah dan lingkungan rumahnya karena keadaan fisiknya yang gemuk. Peran guru dianggap sangat berpengaruh dalam menangani masalah ini, hal ini berdampak besar terhadap aktivitas belajar dan kesejahteraan emosional peserta didik. Pendidik dan orang tua harus memberikan dukungan tambahan untuk mengatasi efek negatif. Tindakan sekolah mencakup penanggulangan bullying secara langsung, serta pelayanan konseling dan bimbingan.

Abstract

Bullying ialah perilaku negative yang dijalankan Orang atau sekelompok orang yang melakukan tindakan berulang dengan maksud menyakiti orang lain baik secara mental maupun fisik yang menyebabkan perasaan tidak aman dan tidak nyaman bagi orang lain. Siswa kelas II SD Negeri Kembaran beberapa peserta didik masih suka membully sesama teman sebaya. Dengan begitu, studi ini tujuannya untuk memahami bagaimana karakteristik perilaku bullying, dan bentuk bullying yang dilakukan peserta didik serta faktor yang menyebabkan timbulnya perilaku bullying pada SD Negeri Kembaran. Metode penelitian yang dimanfaatkan studi ini ialah kualitatif. Subjek studi ini yaitu guru kelas, murid, dan orang tua. Teknik pengumpulan data dijalankan melewati wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwasanya perilaku bullying pada murid kelas II SD N Kembaran terjadi karena peserta didik menghadapi bullying dari teman di sekolah dan lingkungan rumahnya karena keadaan fisiknya yang gemuk. Peran guru dianggap sangat berpengaruh dalam menangani masalah ini, hal ini berdampak besar terhadap aktivitas belajar dan kesejahteraan emosional peserta didik. Pendidik dan orang tua harus memberikan dukungan tambahan untuk mengatasi efek negatif. Tindakan sekolah mencakup penanggulangan bullying secara langsung, serta pelayanan konseling dan bimbingan.

Published
2024-07-21
How to Cite
PUSPITANINGRUM, Astri Trias; FEBRIANTA, Yudha. ANALISIS FAKTOR PENYEBAB BULLYING PADA SISWA SD NEGERI KEMBARAN DI GENERASI ALPHA ERA 5.0. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 275-282, july 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/4765>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i2.4765.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.