PENERAPAN MODEL PBL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENYAJIAN DATA MELALUI MEDIA INTERAKTIF CANVA KELAS IV SD NEGERI 2 BANJARSARI WETAN BANYUMAS

  • Rasyida Nafisa Alfi Ni'mah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sri Muryaningsih Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aspek kognitif, afektif dan Psikomotor peserta didik pada kelas IV SD Negeri 2 Banjarsari Wetan pada materi piktogram dan diagram batang dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) melalui media Canva Interaktif.


Metode penelitian ini menggunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilakukan di kelas IV SD Negeri 2 Banjarsari Wetan, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas. Penelitian Tindakan Kelas terdapat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan tindakan. Teknik pengumpulan data papa penelitian ini meliputi teknik tes dan teknik non tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan penerapan model PBL melalui media canva apat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi materi penyajian data kelas IV SD Negeri 2 Banjarsari Wetan Banyumas. Hasil ini diperoleh berdasrkan temuan peelitian yang menunjukan ke tiga aspek hasil belajar siswa meningkat, yaini apsek kognitif siklus I sebesar 55,56% dengan kriteria tidak tuntas meningkat pada siklus II menjadi 86,11% dengan kiteria tuntas, aspek psikomotorik pada siklus I mendapatkan nilai presentase sebesar 51,16% dengan kategori kurang meningkat pada siklus II dengan nilai 77,31% kriteri baik dan aspek afektif pada siswa siklus I mendapatkan perolehan presentase nilai sebesar 52,70% dengan kriteria kurang, kmudian meningkat pada siklus II 79,17% dengan kriteri baik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aspek kognitif, afektif dan Psikomotor peserta didik pada kelas IV SD Negeri 2 Banjarsari Wetan pada materi piktogram dan diagram batang dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) melalui media Canva Interaktif.


Metode penelitian ini menggunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilakukan di kelas IV SD Negeri 2 Banjarsari Wetan, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas. Penelitian Tindakan Kelas terdapat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan tindakan. Teknik pengumpulan data papa penelitian ini meliputi teknik tes dan teknik non tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan penerapan model PBL melalui media canva apat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi materi penyajian data kelas IV SD Negeri 2 Banjarsari Wetan Banyumas. Hasil ini diperoleh berdasrkan temuan peelitian yang menunjukan ke tiga aspek hasil belajar siswa meningkat, yaini apsek kognitif siklus I sebesar 55,56% dengan kriteria tidak tuntas meningkat pada siklus II menjadi 86,11% dengan kiteria tuntas, aspek psikomotorik pada siklus I mendapatkan nilai presentase sebesar 51,16% dengan kategori kurang meningkat pada siklus II dengan nilai 77,31% kriteri baik dan aspek afektif pada siswa siklus I mendapatkan perolehan presentase nilai sebesar 52,70% dengan kriteria kurang, kmudian meningkat pada siklus II 79,17% dengan kriteri baik.

Published
2024-07-18
How to Cite
NI'MAH, Rasyida Nafisa Alfi; MURYANINGSIH, Sri. PENERAPAN MODEL PBL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENYAJIAN DATA MELALUI MEDIA INTERAKTIF CANVA KELAS IV SD NEGERI 2 BANJARSARI WETAN BANYUMAS. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 230-242, july 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/4693>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i2.4693.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.