PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) MENULIS TEKS PROSEDUR BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA DI KELAS V SD NEGERI 14 KOTO BARU
Abstract
Pendidikan dapat diartikan sebagai pengembangan kompetensi berpikir manusia. Pendidikan merupakan usaha terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Media pembelajaran adalah media yang dapat membuat peserta didik tertarik pada pelajaran dan membuat mereka memahami apa yang diajarkan oleh pendidik. Salah satu media pembelajaran yang efektif adalah media audio visual. Media audio visual adalah alat pembelajaran yang menggunakan aplikasi digital untuk memutar suara (audio) dan gambar (visual) secara bersaaman. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks prosedur. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan karena belum tersedianya bahan ajar yang lebih menarik untuk membantu peserta didik dalam memahami pembelajaran, hal ini membuat hasil belajar peserta didik rendah. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti berupaya Pengembangan Media Audio Visual (VIDEO) Menulis Teks Prosedur Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning dengan tujuan untuk membantu peserta didik mudah dalam memahami pembelajaran, meningkatkan hasil belajar peserta didik, menambah bahan ajar yang ada di sekolah dan mengahasilkan sebuah Pengembangan Media Audio Visual (VIDEO) Menulis Teks Prosedur Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning di Kelas V SD Negeri 14 Koto Baru yang valid, praktis dan efektif. penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau yang lebih dikenal dengan Research and Development. Dengan pemilihan pengembangan yang baik maka menghasilkan produk yang baik juga. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE diamana terdapat tahap Analyze (analiysis), yang terdiri Analisis materi, Analisis kebutuhan, Analisis peserta didik. Design (perancangan), diamana terdapat menentukan desain media audio visual (VIDEO) yang akan dibuat sesiau materi yang telah di tentukan, Devalopment (pengembangan), pada tahap ini dilakukan uji validasi, Implementation pada tahap ini terdapat uji praktikalitas, dan Evaluation terdapat uji Efektifitas yang dilakukan di SDN 14 Koto Baru. Hasil penelitian Media Audio Visual (VIDEO) menulis teks prosedur pada pembelajaran Bahasa Indonesia dilakukan uji validasi terdapat tiga orang ahli dengan sekor 87,5% dengan kategori sangat valid, arti dari Media Audio Visual (VIDEO) layak digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi Teks Prosedur kelas V SDN 14 Koto Baru. Praktikalitas yang dinilai dari respon guru dan siswa dengan skor rata-rata 90% dan 87,58%dikategorikan sangat praktis, sedangkan sangat efektif artinya Media pembelajaran ini meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Abstract
Pendidikan dapat diartikan sebagai pengembangan kompetensi berpikir manusia. Pendidikan merupakan usaha terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Media pembelajaran adalah media yang dapat membuat peserta didik tertarik pada pelajaran dan membuat mereka memahami apa yang diajarkan oleh pendidik. Salah satu media pembelajaran yang efektif adalah media audio visual. Media audio visual adalah alat pembelajaran yang menggunakan aplikasi digital untuk memutar suara (audio) dan gambar (visual) secara bersaaman. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks prosedur. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan karena belum tersedianya bahan ajar yang lebih menarik untuk membantu peserta didik dalam memahami pembelajaran, hal ini membuat hasil belajar peserta didik rendah. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti berupaya Pengembangan Media Audio Visual (VIDEO) Menulis Teks Prosedur Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning dengan tujuan untuk membantu peserta didik mudah dalam memahami pembelajaran, meningkatkan hasil belajar peserta didik, menambah bahan ajar yang ada di sekolah dan mengahasilkan sebuah Pengembangan Media Audio Visual (VIDEO) Menulis Teks Prosedur Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning di Kelas V SD Negeri 14 Koto Baru yang valid, praktis dan efektif. penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau yang lebih dikenal dengan Research and Development. Dengan pemilihan pengembangan yang baik maka menghasilkan produk yang baik juga. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE diamana terdapat tahap Analyze (analiysis), yang terdiri Analisis materi, Analisis kebutuhan, Analisis peserta didik. Design (perancangan), diamana terdapat menentukan desain media audio visual (VIDEO) yang akan dibuat sesiau materi yang telah di tentukan, Devalopment (pengembangan), pada tahap ini dilakukan uji validasi, Implementation pada tahap ini terdapat uji praktikalitas, dan Evaluation terdapat uji Efektifitas yang dilakukan di SDN 14 Koto Baru. Hasil penelitian Media Audio Visual (VIDEO) menulis teks prosedur pada pembelajaran Bahasa Indonesia dilakukan uji validasi terdapat tiga orang ahli dengan sekor 87,5% dengan kategori sangat valid, arti dari Media Audio Visual (VIDEO) layak digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi Teks Prosedur kelas V SDN 14 Koto Baru. Praktikalitas yang dinilai dari respon guru dan siswa dengan skor rata-rata 90% dan 87,58%dikategorikan sangat praktis, sedangkan sangat efektif artinya Media pembelajaran ini meningkatkan hasil belajar peserta didik.