PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CODIBOOK (LEARNING COMIK BERBASIS DIGITAL BOOK) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MAJAS KELAS V SD

  • Amar Salahuddin Universitas Dharmas Indonesia
  • Dwi Nofri Asmara Universitas Dharmas Indonesia
  • Fillona Angraini Universitas Dharmas Indonesia

Abstract

Pendidikan adalah usaha yang dapat dilakukan guna untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan proses pembelajaran  dengan cara menyiapkan siswa menggunakan teknik bimbingan, pengajaran serta latihan untuk menuai perannya dalam kehidupan yang akan datang. Teknologi Pendidikan merupakan bidang dalam fasilitas belajar yang berkaitan dengan elektronik, serta menjadi dasar pengembangan dalam metode, strategi sampai pada penilaian pembelajaran. Penelitian ini dapat digolongkan sebagai penelitian pengembangan yang lebih banyak dikenal dengan Research and Development dengan mengembangkan sebuah penelitian yang baik dan bersifst kreatif maka produk yang ,dikembangkan akan menuai hasil yang baik juga. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dimana terdapat Tahap analisis (analyze), yang terdiri dari analisis Analisis materi Analisis kurikulum, Analisis kebutuhan, dan Analisis Peserta didik, selanjutnya tahap perancangan (Design) dimana terdapat ini menentukan desain CodiBook yang akan dibuat sesuai materi yang telah ditentukan, tahap Pengembangan (Development) pada tahap ini dilakukan uji validasi, tahap implementasi (implementation) terdapat uji praktikalitas, dan pada tahap evaluasi (evaluation) terdapat uji efektifitas yang dilakukan di SDN 06 Koto Baru. Hasil penelitian media pembelajaran Codibook pada pembelajaran Bahasa Indonesia Materi majas dilakukan uji validasi terdapat tiga orang ahli dengan skor rata-rata 83,33% dengan kategori sangat valid, artinya media pembelajaran Codibook layak digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi Majas kelas V SDN 06 Koto Baru. Praktikalitas yang dinilai dari respon guru dan siswa dengan skor rata-rata 90,63% dikategorikan sangat praktis. Sedangkan hasil efektifitas dengan skor rata-rata 87,5% dikategorikan sangat efektif artinya media pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Abstract

Pendidikan adalah usaha yang dapat dilakukan guna untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan proses pembelajaran  dengan cara menyiapkan siswa menggunakan teknik bimbingan, pengajaran serta latihan untuk menuai perannya dalam kehidupan yang akan datang. Teknologi Pendidikan merupakan bidang dalam fasilitas belajar yang berkaitan dengan elektronik, serta menjadi dasar pengembangan dalam metode, strategi sampai pada penilaian pembelajaran. Penelitian ini dapat digolongkan sebagai penelitian pengembangan yang lebih banyak dikenal dengan Research and Development dengan mengembangkan sebuah penelitian yang baik dan bersifst kreatif maka produk yang ,dikembangkan akan menuai hasil yang baik juga. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dimana terdapat Tahap analisis (analyze), yang terdiri dari analisis Analisis materi Analisis kurikulum, Analisis kebutuhan, dan Analisis Peserta didik, selanjutnya tahap perancangan (Design) dimana terdapat ini menentukan desain CodiBook yang akan dibuat sesuai materi yang telah ditentukan, tahap Pengembangan (Development) pada tahap ini dilakukan uji validasi, tahap implementasi (implementation) terdapat uji praktikalitas, dan pada tahap evaluasi (evaluation) terdapat uji efektifitas yang dilakukan di SDN 06 Koto Baru. Hasil penelitian media pembelajaran Codibook pada pembelajaran Bahasa Indonesia Materi majas dilakukan uji validasi terdapat tiga orang ahli dengan skor rata-rata 83,33% dengan kategori sangat valid, artinya media pembelajaran Codibook layak digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi Majas kelas V SDN 06 Koto Baru. Praktikalitas yang dinilai dari respon guru dan siswa dengan skor rata-rata 90,63% dikategorikan sangat praktis. Sedangkan hasil efektifitas dengan skor rata-rata 87,5% dikategorikan sangat efektif artinya media pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Published
2024-09-25
How to Cite
SALAHUDDIN, Amar; ASMARA, Dwi Nofri; ANGRAINI, Fillona. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CODIBOOK (LEARNING COMIK BERBASIS DIGITAL BOOK) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MAJAS KELAS V SD. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 127-131, sep. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/4662>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i1.4662.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.