PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE GAMBAR PADA KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS IV SDN 05 PULAU PUNJUNG
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang tidak mendengarkan guru serta kesulitan dalam menuangkan ide dan mengembangkan gagasan untuk dijadikan bentuk karya tulis teks narasi pada saat proses pembelajaran berlangsung. Kesulitan menulis teks narasi dipengaruhi oleh faktor siswa tidak bersemangat saat menulis, siswa kekurangan ide, dan kurangnya media pembelajaran yang menarik sehingga siswa sering merasa bosan saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan media puzzle gambar di kelas IV sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan yaitu menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap implementasi (implementation), tahap evaluasi (evaluation). Hasil penilaian validasi media puzzle gambar pada uji validasi oleh tiga orang ahli mempunyai skor rata-rata validasi bahasa 0,875%, validasi media 0,852%, dan validasi materi 0,809% termasuk dalam kategori valid artinya media puzzle gambar sudah sesuai dengan bahasa, media dan materi pembelajaran, uji praktikalitas dengan skor rata-rata 97% dikategorikan sangat praktis artinya media puzzle gambar dapat digunakan dengan mudah untuk proses pembelajaran sedangkan hasil efektivitas media puzzle gambar dengan skor 86% dikategorikan sangat efektif artinya puzzle gambar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang tidak mendengarkan guru serta kesulitan dalam menuangkan ide dan mengembangkan gagasan untuk dijadikan bentuk karya tulis teks narasi pada saat proses pembelajaran berlangsung. Kesulitan menulis teks narasi dipengaruhi oleh faktor siswa tidak bersemangat saat menulis, siswa kekurangan ide, dan kurangnya media pembelajaran yang menarik sehingga siswa sering merasa bosan saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan media puzzle gambar di kelas IV sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan yaitu menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap implementasi (implementation), tahap evaluasi (evaluation). Hasil penilaian validasi media puzzle gambar pada uji validasi oleh tiga orang ahli mempunyai skor rata-rata validasi bahasa 0,875%, validasi media 0,852%, dan validasi materi 0,809% termasuk dalam kategori valid artinya media puzzle gambar sudah sesuai dengan bahasa, media dan materi pembelajaran, uji praktikalitas dengan skor rata-rata 97% dikategorikan sangat praktis artinya media puzzle gambar dapat digunakan dengan mudah untuk proses pembelajaran sedangkan hasil efektivitas media puzzle gambar dengan skor 86% dikategorikan sangat efektif artinya puzzle gambar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.