PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET NUSANTARA MATERI KERAGAMAN BUDAYA UNTUK SISWA KELAS V SDN 2 LUBUKLINGGAU

  • Windy Wulandari Universitas PGRI Silampari
  • Elya Rosalina Universitas PGRI Silampari
  • Cahyo Dwi Andita Universitas PGRI Silampari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain media kartu kuartet nusantara materi keragaman budaya. Menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media kartu kuartet nusantara materi keragaman budaya pada siswa kelas V SDN 2 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Berdasarkan hasil analisis validitas media kartu kuartet nusantara menggunakan Aiken’s V  menunjukkan penilaian dari validator bahasa sebesar 0,89 validator media sebesar 0,80 dan validator materi sebesar 0,82. Analisis penilaian lembar kepraktisan guru dan siswa diperoleh bahwa media kartu kuartet nusantara materi keragaman budaya memenuhi kriteria sangat praktis dengan skor rata-rata 92,5%. Kemudian analisis penilaian keefektifan diperoleh skor N-Gain rata-rata 0,73 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media kartu kuartet nusantara materi keragaman budaya terbukti valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam materi keragaman budaya kelas V SDN 2 Lubuklinggau.

Published
2025-10-14
How to Cite
WULANDARI, Windy; ROSALINA, Elya; ANDITA, Cahyo Dwi. PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET NUSANTARA MATERI KERAGAMAN BUDAYA UNTUK SISWA KELAS V SDN 2 LUBUKLINGGAU. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 71-75, oct. 2025. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/4651>. Date accessed: 06 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v6i1.4651.