PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGGOKAN ALANGAN BERBASIS BUDAYA LOKAL DALAM PEMBELAJARAN PKN SD

  • Dini Nurhanifah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Aji Heru Muslim Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Abstract

Media pembelajaran dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Permasalahan media pembelajaran yang terdapat di SD Negeri 2 Gandatapa belum memunculkan ciri khas budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Penggokan Alangan berbasis budaya lokal dalam pembelajaran PKN SD. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data melalui angket validasi untuk mengetahui kevalidan dan angket respon guru serta angket respon peserta didik untuk mengetahui kepraktisan. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran Penggokan Alangan berbasis budaya lokal dalam pembelajaran PKN SD memperoleh persentase 89% dari ahli media dengan kategori sangat valid dan persentase 85% dari ahli materi dengan kategori sangat valid.  Hasil angket respon guru diperoleh persentase 100% dengan kategori sangat praktis dan hasil angket respon peserta didik diperoleh persentase 98,38% dengan kategori sangat praktis. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Penggokan Alangan berbasis budaya lokal dalam pembelajaran PKN SD dinyatakan sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran.

Abstract

Media pembelajaran dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Permasalahan media pembelajaran yang terdapat di SD Negeri 2 Gandatapa belum memunculkan ciri khas budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Penggokan Alangan berbasis budaya lokal dalam pembelajaran PKN SD. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data melalui angket validasi untuk mengetahui kevalidan dan angket respon guru serta angket respon peserta didik untuk mengetahui kepraktisan. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran Penggokan Alangan berbasis budaya lokal dalam pembelajaran PKN SD memperoleh persentase 89% dari ahli media dengan kategori sangat valid dan persentase 85% dari ahli materi dengan kategori sangat valid.  Hasil angket respon guru diperoleh persentase 100% dengan kategori sangat praktis dan hasil angket respon peserta didik diperoleh persentase 98,38% dengan kategori sangat praktis. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Penggokan Alangan berbasis budaya lokal dalam pembelajaran PKN SD dinyatakan sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran.

Published
2024-07-07
How to Cite
NURHANIFAH, Dini; MUSLIM, Aji Heru. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGGOKAN ALANGAN BERBASIS BUDAYA LOKAL DALAM PEMBELAJARAN PKN SD. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 159-171, july 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/4634>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i2.4634.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.