UPAYA GURU PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG NYAMAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS 11 SMA N 8 SEMARANG
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi dengan Guru Pendidikan Pancasila yang merupakan salah satu guru yang bertugas untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya Guru Pendidikan Pancasila dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Nyaman untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas 11 SMA N 8 Semarang. Metode peneitiannya yitu kualitatif dan teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpuln data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) cara atau upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan pancasila untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman adalah dengan: Membangun hubungan yang positif dengan siswa, Menyediakan materi yang relevan dan menarik, Mendorong siswa untuk ikut aktif dalam kegiatan pembelajaran, Menciptakan lingkungan yang mendukung dan bebas dari ketakutan, Menyediakan umpan balik yang konstruktif, Menjadi teladan. 2) Kendala yang dihadapi guru pendidikan pancasila dalam menciptakan lingkungan belajar yang nyaman untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA N 8 Semarang Kendala pertama adalah memiliki perasaan dan pemikiran yang merasa takut salah dalam memberikan respon saat kegiatan pembelajaran, Kendala kedua kurangnya dorongan untuk belajar, Kendala ketiga yaitu kegiatan pembelajaran yang kurang menarik , Kendala keempat yitu lingkungan belajar yang kurang nyaman atau kurang kondusif. 3) Solusi yang dilakukan guru pendidikan pancasila dalam menciptakan ingkungan belajar yang nyaman untuk meningkatkan motivasi siswa kelas 11 di SMA N 8 Semarang Solusi pertama yaitu guru lebih mendekatkan diri kepada siswa, Solusi kedua yaitu memberikan dorongan untuk belajar, Solusi ketiga yaitu memberikan kegiatan yang menarik dalam pembelajaran, Solusi keempat yaitu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi dengan Guru Pendidikan Pancasila yang merupakan salah satu guru yang bertugas untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya Guru Pendidikan Pancasila dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Nyaman untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas 11 SMA N 8 Semarang. Metode peneitiannya yitu kualitatif dan teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpuln data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) cara atau upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan pancasila untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman adalah dengan: Membangun hubungan yang positif dengan siswa, Menyediakan materi yang relevan dan menarik, Mendorong siswa untuk ikut aktif dalam kegiatan pembelajaran, Menciptakan lingkungan yang mendukung dan bebas dari ketakutan, Menyediakan umpan balik yang konstruktif, Menjadi teladan. 2) Kendala yang dihadapi guru pendidikan pancasila dalam menciptakan lingkungan belajar yang nyaman untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA N 8 Semarang Kendala pertama adalah memiliki perasaan dan pemikiran yang merasa takut salah dalam memberikan respon saat kegiatan pembelajaran, Kendala kedua kurangnya dorongan untuk belajar, Kendala ketiga yaitu kegiatan pembelajaran yang kurang menarik , Kendala keempat yitu lingkungan belajar yang kurang nyaman atau kurang kondusif. 3) Solusi yang dilakukan guru pendidikan pancasila dalam menciptakan ingkungan belajar yang nyaman untuk meningkatkan motivasi siswa kelas 11 di SMA N 8 Semarang Solusi pertama yaitu guru lebih mendekatkan diri kepada siswa, Solusi kedua yaitu memberikan dorongan untuk belajar, Solusi ketiga yaitu memberikan kegiatan yang menarik dalam pembelajaran, Solusi keempat yaitu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif