PENGARUH MEDIA CANVA DALAM PEMBUATAN PPT PADA HASIL BELAJAR SISWA

  • Rahmatul Hayati Universitas Adzkia
  • Kamilah An Shoriah Universitas Adzkia
  • Rini Irmata Putri Universitas Adzkia
  • Hayatul Pikri Universitas Adzkia
  • Fitria Dian Ningsih Universitas Adzkia
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.36841/consilium.v5i1.4606

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh Media Canva dalam pembuatan powerpoint pada hasil belajar siswa. Diharapkan bahwa penggunaan media Canva dalam pembuatan powerpoint dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar dan mempermudah pemahaman materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan media Canva dalam pembuatan powerpoint terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 01 Ulak Karang. Metode penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design dalam sebuah studi eksperimental dengan total sampel 60 siswa, terbagi menjadi dua kelas: IV A (kelas eksperimen) dan IV C (kelas kontrol), masing-masing dengan 30 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi dan tes. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen adalah 99, sedangkan di kelas kontrol adalah 78,3. (2) Hasil uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan nilai signifikansi (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa media Canva dalam pembuatan powerpoint secara signifikan mempengaruhi hasil belajar siswa.

Diterbitkan
2024-09-22
##submission.howToCite##
HAYATI, Rahmatul et al. PENGARUH MEDIA CANVA DALAM PEMBUATAN PPT PADA HASIL BELAJAR SISWA. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 100-106, sep. 2024. ISSN 2775-9466. Tersedia pada: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/4606>. Tanggal Akses: 06 des. 2025 doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v5i1.4606.
Bagian
Articles