PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPAS KELAS V SD

  • Indah Yunitasari Universitas Bakti Indonesia
  • Alna Dzaroh Universitas Bakti Indonesia
  • Nurul Hidayah Universitas Bakti Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan dibantu oleh multimedia dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPAS). Penelitian ini dilaksanakan di UPT siswa kelas IV SDN Sumberlesung 04. Metode penelitian dengan menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart. Analisis data dilakukan dengan metode statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Tahap siklus pertama, ketuntasan hanya mencapai 57% dan belum memenuhi sesuai standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70%. Namun, di siklus kedua, ketuntasan meningkat menjadi 86% dan sudah memenuhi KKM. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model PjBL dibantu multimedia terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas kelas IV SDN Sumberlesung 04.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan dibantu oleh multimedia dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPAS). Penelitian ini dilaksanakan di UPT siswa kelas IV SDN Sumberlesung 04. Metode penelitian dengan menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart. Analisis data dilakukan dengan metode statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Tahap siklus pertama, ketuntasan hanya mencapai 57% dan belum memenuhi sesuai standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70%. Namun, di siklus kedua, ketuntasan meningkat menjadi 86% dan sudah memenuhi KKM. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model PjBL dibantu multimedia terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas kelas IV SDN Sumberlesung 04.

Published
2024-06-27
How to Cite
YUNITASARI, Indah; DZAROH, Alna; HIDAYAH, Nurul. PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPAS KELAS V SD. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 105-119, june 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/4596>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i2.4596.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.