PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPAS KELAS V SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan dibantu oleh multimedia dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPAS). Penelitian ini dilaksanakan di UPT siswa kelas IV SDN Sumberlesung 04. Metode penelitian dengan menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart. Analisis data dilakukan dengan metode statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Tahap siklus pertama, ketuntasan hanya mencapai 57% dan belum memenuhi sesuai standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70%. Namun, di siklus kedua, ketuntasan meningkat menjadi 86% dan sudah memenuhi KKM. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model PjBL dibantu multimedia terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas kelas IV SDN Sumberlesung 04.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan dibantu oleh multimedia dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPAS). Penelitian ini dilaksanakan di UPT siswa kelas IV SDN Sumberlesung 04. Metode penelitian dengan menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart. Analisis data dilakukan dengan metode statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Tahap siklus pertama, ketuntasan hanya mencapai 57% dan belum memenuhi sesuai standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70%. Namun, di siklus kedua, ketuntasan meningkat menjadi 86% dan sudah memenuhi KKM. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model PjBL dibantu multimedia terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas kelas IV SDN Sumberlesung 04.