PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN DI TINJAU DARI INTERAKSI SOSIAL

  • Andi Wapa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Suastika Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Bagus Sanjaya Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan rendahnya hasil belajar PPKN di Kabupaten jember yang persentase 75% berdasarkan hasil observasi awal dengan populasi 195 siswa sekolah dasar kelas 3. Penelitian ini menggunakan metode sosiodrama dengan menggunakan vareabel pendukung sikap interaksi social siswa yang dianggap ada peran dalam tercapainya hasil belajar. Penelitian ini menggunakan kuantitaif jenis eksperimen semua dengan format factorian 2x2 dengan pembagian kelompok A sebagai kelas eksperimen sedangkan kelompok B sebagai kelas control, analisis dalam penelitian ini menggunakan anava dua jalur dengan analisis data berbantuan aplikasi SPSS versi 20.00. adapun hasil dari penelitian ini sebelum diuji anava sudah dilakukan uji prasyarat anava kemudian hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode sosiodarama terhadap hasil belajar PPKN ditinjau dari sikap interaksi social hal ini ditandai dengan adanya taraf signifikansinya sebesar sig 0,001<0,050. Sedangkan hipotesis kedua terdapat perbedaan hasil yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode sosiodrama ditinjau dari sikap interaksi social tinggi dan rendah. Sedangkan hipotesis yang ketika juga memiliki berbedaan hasil yang signifikan antara siswa yang dilakukan dengan konvensional dengan sikap interaksi sosial tinggi dan rendah.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan rendahnya hasil belajar PPKN di Kabupaten jember yang persentase 75% berdasarkan hasil observasi awal dengan populasi 195 siswa sekolah dasar kelas 3. Penelitian ini menggunakan metode sosiodrama dengan menggunakan vareabel pendukung sikap interaksi social siswa yang dianggap ada peran dalam tercapainya hasil belajar. Penelitian ini menggunakan kuantitaif jenis eksperimen semua dengan format factorian 2x2 dengan pembagian kelompok A sebagai kelas eksperimen sedangkan kelompok B sebagai kelas control, analisis dalam penelitian ini menggunakan anava dua jalur dengan analisis data berbantuan aplikasi SPSS versi 20.00. adapun hasil dari penelitian ini sebelum diuji anava sudah dilakukan uji prasyarat anava kemudian hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode sosiodarama terhadap hasil belajar PPKN ditinjau dari sikap interaksi social hal ini ditandai dengan adanya taraf signifikansinya sebesar sig 0,001<0,050. Sedangkan hipotesis kedua terdapat perbedaan hasil yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode sosiodrama ditinjau dari sikap interaksi social tinggi dan rendah. Sedangkan hipotesis yang ketika juga memiliki berbedaan hasil yang signifikan antara siswa yang dilakukan dengan konvensional dengan sikap interaksi sosial tinggi dan rendah.

Published
2024-06-27
How to Cite
WAPA, Andi; SUASTIKA, I Nengah; SANJAYA, Dewa Bagus. PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN DI TINJAU DARI INTERAKSI SOSIAL. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 84-93, june 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/4594>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i2.4594.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.