PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PESERTA DIDIK KELAS II

  • Indah Cahyani Lestari Universitas Kristen Satya Wacana
  • Henny Dewi Koeswanti Universitas Kristen Satya Wacana

Abstract

Keterampilan menulis cerita perlu dilatihkan kepada peserta didik, karena keterampilan ini tidak langsung dapat dikuasi oleh peserta didik. Sehingga, kedepannya peserta didik dapat mengungkapkan gagasannya melalui keterampilan menulis cerita akan semakin berkembang. Oleh sebab itu, proses pelaksanaan pembelajaran harus dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita peserta didik kelas II sekolah dasar melalui model pembelajaran picture and picture. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas II yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes dan tes. Teknik tes dalam penelitian ini meliputi menulis cerita dengan model pembelajaran picture and picture. Teknik non tes dalam penelitian ini meliputi observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik kuantitatif (membandingkan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan pra siklus ke siklus 2 sebesar 40%. Pada pra siklus menunjukkan persentase ketuntasan sebesar 46%. Persentase ketuntasan meningkat sebesar 22% saat siklus 1. Siklus 1 menunjukkan persentase ketuntasan sebesar 68%. Kemudian, terjadi peningkatan kembali sebesar 18% saat siklus 2. Siklus 2 menunjukkan persentase ketuntasan sebesar 86%. Disimpulkan bahwa keterampilan menulis cerita peserta didik meningkat dengan model pembelajaran picture and picture.

Abstract

Keterampilan menulis cerita perlu dilatihkan kepada peserta didik, karena keterampilan ini tidak langsung dapat dikuasi oleh peserta didik. Sehingga, kedepannya peserta didik dapat mengungkapkan gagasannya melalui keterampilan menulis cerita akan semakin berkembang. Oleh sebab itu, proses pelaksanaan pembelajaran harus dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita peserta didik kelas II sekolah dasar melalui model pembelajaran picture and picture. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas II yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes dan tes. Teknik tes dalam penelitian ini meliputi menulis cerita dengan model pembelajaran picture and picture. Teknik non tes dalam penelitian ini meliputi observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik kuantitatif (membandingkan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan pra siklus ke siklus 2 sebesar 40%. Pada pra siklus menunjukkan persentase ketuntasan sebesar 46%. Persentase ketuntasan meningkat sebesar 22% saat siklus 1. Siklus 1 menunjukkan persentase ketuntasan sebesar 68%. Kemudian, terjadi peningkatan kembali sebesar 18% saat siklus 2. Siklus 2 menunjukkan persentase ketuntasan sebesar 86%. Disimpulkan bahwa keterampilan menulis cerita peserta didik meningkat dengan model pembelajaran picture and picture.

Published
2024-08-03
How to Cite
LESTARI, Indah Cahyani; KOESWANTI, Henny Dewi. PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PESERTA DIDIK KELAS II. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 303-312, aug. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/4580>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i2.4580.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.