PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MAN 1 KERINCI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa MAN 1 Kerinci. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa siswa MAN 1 Kerinci yang berjumlah 32 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sedangkan teknik analisa yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji t, uji f, dan uji koefesien determinasi. Secara parsial terdapat pengaruh antara Motivasi Belajar (X1) terhadap Hasil Belajar (Y) pada MAN 1 Kerinci dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel. Nilai t hitung = 2,964 (t tabel > 2,04523) terdapat pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar secara parsial adalah sebesar 68,40%. dengan signifikan = 0,000 (signifikan < 0,05). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah (X2) secara parsial terhadap hasil belajar (Y) pada MAN 1 Kerinci dibuktikan dengan nilai t hitung = 2,388 dan t tabel = 2,04523 terdapat pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar secara parsial adalah sebesar 25,89%. dengan signifikan = 0,024 (signifikan < 0,05). Terdapat pengaruh secara simultan pengaruh antara motivasi belajar (X1) dan lingkungan sekolah (X2 terhadap hasil belajar (Y) sebesar 94,28% Sedangkan sisanya 5,72% dijelaskan oleh faktor penyebab lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa MAN 1 Kerinci. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa siswa MAN 1 Kerinci yang berjumlah 32 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sedangkan teknik analisa yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji t, uji f, dan uji koefesien determinasi. Secara parsial terdapat pengaruh antara Motivasi Belajar (X1) terhadap Hasil Belajar (Y) pada MAN 1 Kerinci dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel. Nilai t hitung = 2,964 (t tabel > 2,04523) terdapat pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar secara parsial adalah sebesar 68,40%. dengan signifikan = 0,000 (signifikan < 0,05). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah (X2) secara parsial terhadap hasil belajar (Y) pada MAN 1 Kerinci dibuktikan dengan nilai t hitung = 2,388 dan t tabel = 2,04523 terdapat pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar secara parsial adalah sebesar 25,89%. dengan signifikan = 0,024 (signifikan < 0,05). Terdapat pengaruh secara simultan pengaruh antara motivasi belajar (X1) dan lingkungan sekolah (X2 terhadap hasil belajar (Y) sebesar 94,28% Sedangkan sisanya 5,72% dijelaskan oleh faktor penyebab lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.