KEEFEKTIFAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RAMBIPUJI JEMBER

  • Weni Kurnia Rahmawati Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Abdurrahman Ahmad Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perencanaan karir siswa kelas delapan di SMP Negeri 2 Rambipuji Jember. Pengambilan sampel menggunakan Metode Purposive Sampling Area. Perencanaan karir yang dilakukan sejak dini sangat penting bagi siswa untuk membuat keputusan yang terinformasi tentang jalur pendidikan dan arah karir masa depan mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik pemodelan dapat meningkatkan perencanaan karir siswa kelas delapan di kelas A dan B di SMP Negeri 2 Rambipuji Jember. Data yang dikumpulkan untuk penelitian ini meliputi pengujian validitas, reliabilitas, normalitas, dan homogenitas. Analisis deskriptif dengan rumus uji t-test digunakan untuk analisis data. Desain penelitian yang digunakan adalah Desain Eksperimen Kuasi dengan metode Desain Kelompok Kontrol Nonekuivalen. Berdasarkan perhitungan uji t-test menggunakan data dari 64 siswa sebelum perlakuan (pre-test) dan 64 siswa setelah perlakuan (post-test), nilai signifikansi yang diperoleh (2-tailed) adalah 0,000, yang lebih besar dari 0,05. Dengan nilai t yang dihitung sebesar 22,176 yang melebihi nilai t tabel sebesar 1,66, dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan terhadap perencanaan karir siswa di kelas A dan B di SMP Negeri 2 Rambipuji Jember setelah menerapkan teknik pemodelan.


 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perencanaan karir siswa kelas delapan di SMP Negeri 2 Rambipuji Jember. Pengambilan sampel menggunakan Metode Purposive Sampling Area. Perencanaan karir yang dilakukan sejak dini sangat penting bagi siswa untuk membuat keputusan yang terinformasi tentang jalur pendidikan dan arah karir masa depan mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik pemodelan dapat meningkatkan perencanaan karir siswa kelas delapan di kelas A dan B di SMP Negeri 2 Rambipuji Jember. Data yang dikumpulkan untuk penelitian ini meliputi pengujian validitas, reliabilitas, normalitas, dan homogenitas. Analisis deskriptif dengan rumus uji t-test digunakan untuk analisis data. Desain penelitian yang digunakan adalah Desain Eksperimen Kuasi dengan metode Desain Kelompok Kontrol Nonekuivalen. Berdasarkan perhitungan uji t-test menggunakan data dari 64 siswa sebelum perlakuan (pre-test) dan 64 siswa setelah perlakuan (post-test), nilai signifikansi yang diperoleh (2-tailed) adalah 0,000, yang lebih besar dari 0,05. Dengan nilai t yang dihitung sebesar 22,176 yang melebihi nilai t tabel sebesar 1,66, dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan terhadap perencanaan karir siswa di kelas A dan B di SMP Negeri 2 Rambipuji Jember setelah menerapkan teknik pemodelan.


 

Published
2024-04-17
How to Cite
RAHMAWATI, Weni Kurnia; AHMAD, Abdurrahman. KEEFEKTIFAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RAMBIPUJI JEMBER. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 319-328, apr. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/4564>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i1.4564.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.