IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN PROYEK PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI KONTEN CREATOR PENSI WEB (PENTAS SENI WEBSITE) DI SMA NEGERI 1 BARUMUN KABUPATEN PADANG LAWAS
Abstract
Profil Pelajar Pancasila dalam pendidikan di Indonesia dijabarkan ke dalam enam dimensi sebagai berikut: (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia; (2) mandiri; (3) bergotong-royong; (4) berkebinekaan global; (5) bernalar kritis; dan (6) kreatif. SMA Negeri 1 Barumun berkomitmen untuk meningkatkan kreatifitas siswa dengan terus berbenah dan memfasilitasi siswa dalam mengembangkan potensi yang dimiliki. yaitu melalui konten creator pensi web. Maka dari itu, penulis ingin melakukan penelitian tentang implementasi pengembangan proyek profil pelajar Pancasila melalui konten creator pensi web (pentas seni website) di SMA Negeri 1 Barumun Kabupaten Padang Lawas. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui implementasi pengembangan proyek profil pelajar Pancasila melalui konten creator pensi web (pentas seni website) di SMA Negeri 1 Barumun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di SMA Negeri 1 Barumun, Kec. Barumun, Kab. Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara. Adapun informan atau narasumber dalam penelitian ini yaitu guru yang mengajar di SMA Negeri 1 Barumun dan juga kepala sekolah SMA Negeri 1 Barumun. Berdasaran hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi pengembangan proyek profil pelajar Pancasila melalui konten creator pensi web (pentas seni website) di SMA Negeri 1 Barumun Kab. Padang Lawas telah diimplementasikan sesuai dengan keenam indikator profil pelajar Pancasila
Abstract
Profil Pelajar Pancasila dalam pendidikan di Indonesia dijabarkan ke dalam enam dimensi sebagai berikut: (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia; (2) mandiri; (3) bergotong-royong; (4) berkebinekaan global; (5) bernalar kritis; dan (6) kreatif. SMA Negeri 1 Barumun berkomitmen untuk meningkatkan kreatifitas siswa dengan terus berbenah dan memfasilitasi siswa dalam mengembangkan potensi yang dimiliki. yaitu melalui konten creator pensi web. Maka dari itu, penulis ingin melakukan penelitian tentang implementasi pengembangan proyek profil pelajar Pancasila melalui konten creator pensi web (pentas seni website) di SMA Negeri 1 Barumun Kabupaten Padang Lawas. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui implementasi pengembangan proyek profil pelajar Pancasila melalui konten creator pensi web (pentas seni website) di SMA Negeri 1 Barumun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di SMA Negeri 1 Barumun, Kec. Barumun, Kab. Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara. Adapun informan atau narasumber dalam penelitian ini yaitu guru yang mengajar di SMA Negeri 1 Barumun dan juga kepala sekolah SMA Negeri 1 Barumun. Berdasaran hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi pengembangan proyek profil pelajar Pancasila melalui konten creator pensi web (pentas seni website) di SMA Negeri 1 Barumun Kab. Padang Lawas telah diimplementasikan sesuai dengan keenam indikator profil pelajar Pancasila