PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansinya pengaruh model pembelajaran examples non examples terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Pabuaran, adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah teknik purposive sampling dan kelas yang dijadikan sampel pada penelitian ini ialah kelas IX D (Kelas Eksperimen) dan kelas IX C (Kelas Kontrol). Untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 30 butir soal yang telah melalui tahap validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian yang menggunakan dua kelas tersebut dimana hasil keduanya berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan Independent Sampel T-Test mendapatkan hasil adanya pengaruh yang signifikan, hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan dimana diperoleh nilai rhitung sig(2-tailed) yaitu 0,000 < rtabel yaitu 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran examples non examples terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (quasi eksperimen pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Pabuaran) pada materi keberagaman masyarakat dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansinya pengaruh model pembelajaran examples non examples terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Pabuaran, adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah teknik purposive sampling dan kelas yang dijadikan sampel pada penelitian ini ialah kelas IX D (Kelas Eksperimen) dan kelas IX C (Kelas Kontrol). Untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 30 butir soal yang telah melalui tahap validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian yang menggunakan dua kelas tersebut dimana hasil keduanya berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan Independent Sampel T-Test mendapatkan hasil adanya pengaruh yang signifikan, hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan dimana diperoleh nilai rhitung sig(2-tailed) yaitu 0,000 < rtabel yaitu 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran examples non examples terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (quasi eksperimen pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Pabuaran) pada materi keberagaman masyarakat dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.