PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI NKRI DAN KEDALAULATAN WILAYAH SISWA KELAS X-3 SMA NEGERI 3 MEDAN

  • Adetya Iskandar Universitas Islam Sumatra Utara
  • Tampilen Tampilen Universitas Islam Sumatra Utara
  • Suriana Suriana Universitas Islam Sumatra Utara

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK) yang dilaksanakan di kelas X 3 SMA Negeri 3 Medan dengan jumlah siswa 36 orang yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 23 orang siswa perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah penerapan model problem base learning dengan media canvda dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi NKRI dan Kedaualatan Wilauah.. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan belajar siswa pada materi NKRI dan Kedaulatan Wilayah, yang dibuktikan dari nilai rat- rata hasil belajar siswa akhir siklus I sebesar 39,72 atau 17 % dan pada akhir siklus II adalah sebesar 79,44 atau sebesar 72,22 %. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media canva dalam pembelajaran berbasis masalah dapat menigkatkan kemampuan siswa pada materi NKRI dan Kedaulatan Wilayah di kelas X 3 SMA NegeriĀ  3 Medan.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK) yang dilaksanakan di kelas X 3 SMA Negeri 3 Medan dengan jumlah siswa 36 orang yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 23 orang siswa perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah penerapan model problem base learning dengan media canvda dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi NKRI dan Kedaualatan Wilauah.. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan belajar siswa pada materi NKRI dan Kedaulatan Wilayah, yang dibuktikan dari nilai rat- rata hasil belajar siswa akhir siklus I sebesar 39,72 atau 17 % dan pada akhir siklus II adalah sebesar 79,44 atau sebesar 72,22 %. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media canva dalam pembelajaran berbasis masalah dapat menigkatkan kemampuan siswa pada materi NKRI dan Kedaulatan Wilayah di kelas X 3 SMA NegeriĀ  3 Medan.

Published
2024-08-26
How to Cite
ISKANDAR, Adetya; TAMPILEN, Tampilen; SURIANA, Suriana. PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI NKRI DAN KEDALAULATAN WILAYAH SISWA KELAS X-3 SMA NEGERI 3 MEDAN. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 439-446, aug. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/4532>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i2.4532.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.