EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MAS Al Barokah)

  • Ratnawati Ratnawati Universitas Dharmas Indonesia
  • Eka Filahanasari Universitas Dharmas Indonesia
  • Amanda Putri Saharani Universitas Dharmas Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematikanya. Upaya penanggulangan permasalahan tersebut memerlukan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model PBL terhadap pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. Dalam penelitian ini menggunakan Sampling jenuh jika semua populasi dijadikan sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAS Al Barokah Dharmasraya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest berupa tes tertulis dengan total 5 soal esai. Berdasarkan hasil uji normalitas, distribusinya cenderung normal. Hasil uji-t (paired sample t-test) menghasilkan nilai sig (two-tailed) = 0,001  0,05 Ho ditolak berarti terdapat efektivitas model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Namun indikator indikator 1,3,4 tidak menunjukkan perbedaan antara hasil belajar untuk pretest dan posttest pada indikator pemecahan masalah, indikator 2 terdapat perbedaan hasil belajar untuk pretest dan posttest pada indikator pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematikanya. Upaya penanggulangan permasalahan tersebut memerlukan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model PBL terhadap pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. Dalam penelitian ini menggunakan Sampling jenuh jika semua populasi dijadikan sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAS Al Barokah Dharmasraya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest berupa tes tertulis dengan total 5 soal esai. Berdasarkan hasil uji normalitas, distribusinya cenderung normal. Hasil uji-t (paired sample t-test) menghasilkan nilai sig (two-tailed) = 0,001  0,05 Ho ditolak berarti terdapat efektivitas model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Namun indikator indikator 1,3,4 tidak menunjukkan perbedaan antara hasil belajar untuk pretest dan posttest pada indikator pemecahan masalah, indikator 2 terdapat perbedaan hasil belajar untuk pretest dan posttest pada indikator pemecahan masalah

Published
2024-03-29
How to Cite
RATNAWATI, Ratnawati; FILAHANASARI, Eka; SAHARANI, Amanda Putri. EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MAS Al Barokah). Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 309-318, mar. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/4480>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i1.4480.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.