EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MAS Al Barokah)
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematikanya. Upaya penanggulangan permasalahan tersebut memerlukan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model PBL terhadap pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. Dalam penelitian ini menggunakan Sampling jenuh jika semua populasi dijadikan sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAS Al Barokah Dharmasraya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest berupa tes tertulis dengan total 5 soal esai. Berdasarkan hasil uji normalitas, distribusinya cenderung normal. Hasil uji-t (paired sample t-test) menghasilkan nilai sig (two-tailed) = 0,001 0,05 Ho ditolak berarti terdapat efektivitas model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Namun indikator indikator 1,3,4 tidak menunjukkan perbedaan antara hasil belajar untuk pretest dan posttest pada indikator pemecahan masalah, indikator 2 terdapat perbedaan hasil belajar untuk pretest dan posttest pada indikator pemecahan masalah
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematikanya. Upaya penanggulangan permasalahan tersebut memerlukan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model PBL terhadap pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. Dalam penelitian ini menggunakan Sampling jenuh jika semua populasi dijadikan sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAS Al Barokah Dharmasraya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest berupa tes tertulis dengan total 5 soal esai. Berdasarkan hasil uji normalitas, distribusinya cenderung normal. Hasil uji-t (paired sample t-test) menghasilkan nilai sig (two-tailed) = 0,001 0,05 Ho ditolak berarti terdapat efektivitas model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Namun indikator indikator 1,3,4 tidak menunjukkan perbedaan antara hasil belajar untuk pretest dan posttest pada indikator pemecahan masalah, indikator 2 terdapat perbedaan hasil belajar untuk pretest dan posttest pada indikator pemecahan masalah