IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS XII MIA 7 SMA NEGERI 13 MEDAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas belajar siswa Kelas XII MIA-7 SMA Negeri 13 Medan pada mata pelajaran PPKn. Tujuan penelitian adalah sebagai upaya meningkatkan Kreativitas Siswa pada mata pelajaran PPKnĀ dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas XII MIA-7 dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini dilihat dari hasil karya prodak siswa dalam kelompok. Dari siklus I ada beberapa siswa yang kurang dalam Kerjasama, memberikan Pendapat (ide) dalam kelompok, dan hasil karya produk pada siklus I sudah bagus akan tetapi belum beragam. Sedangkan pada siklus II siswa susdah menunjukkan peningkatan karena model pembelajaran ini sudah pernah melakukan sebelumnya dan hasilnya siswa sudah dapat memberikan pendapat, ikut serta dan melakukan Kerjasama dalam membuat hasil karya produk, serta hasil produknya jauh lebih kreatif, beragam dan dan sangat menarik. Maka dari itu implementasi Project Based Learning sebagai upaya meningkatkan Kreativitas siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas XII MIA-7 SMA Negeri 13 Medan telah berhasil mengalami peningkatan Kreativitas Siswa dapat dilihat setiap siswa dapat menyesuaikan diri dalam kelompok baik dalam keikutsertaan dalam kelompok, memberikan pendapat (ide), Kerjasama dalam kelompok. Serta hasil karya prodak setiap kelompok sangat bagus dan kreatif
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas belajar siswa Kelas XII MIA-7 SMA Negeri 13 Medan pada mata pelajaran PPKn. Tujuan penelitian adalah sebagai upaya meningkatkan Kreativitas Siswa pada mata pelajaran PPKnĀ dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas XII MIA-7 dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini dilihat dari hasil karya prodak siswa dalam kelompok. Dari siklus I ada beberapa siswa yang kurang dalam Kerjasama, memberikan Pendapat (ide) dalam kelompok, dan hasil karya produk pada siklus I sudah bagus akan tetapi belum beragam. Sedangkan pada siklus II siswa susdah menunjukkan peningkatan karena model pembelajaran ini sudah pernah melakukan sebelumnya dan hasilnya siswa sudah dapat memberikan pendapat, ikut serta dan melakukan Kerjasama dalam membuat hasil karya produk, serta hasil produknya jauh lebih kreatif, beragam dan dan sangat menarik. Maka dari itu implementasi Project Based Learning sebagai upaya meningkatkan Kreativitas siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas XII MIA-7 SMA Negeri 13 Medan telah berhasil mengalami peningkatan Kreativitas Siswa dapat dilihat setiap siswa dapat menyesuaikan diri dalam kelompok baik dalam keikutsertaan dalam kelompok, memberikan pendapat (ide), Kerjasama dalam kelompok. Serta hasil karya prodak setiap kelompok sangat bagus dan kreatif