PENERAPAN METODE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI KELAS X-2 SMA NEGERI 3 MEDAN
Abstract
Pendekatan pembelajaran Think Pair Share memiliki beberapa manfaat, termasuk meningkatkan keterlibatan siswa, khususnya untuk kegiatan lugas. Selain itu, setiap anggota kelompok mempunyai banyak kesempatan untuk berkontribusi aktif pada kelompoknya masing-masing, dan proses pembentukannya dipercepat dan disederhanakan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menyelidiki efektivitas pendekatan pembelajaran Think Pair Share dalam meningkatkan keterlibatan siswa di kelas X-2 SMA Negeri 2 Medan selama pembelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menerapkan pendekatan penelitian tindakan kelas, yang melibatkan melakukan penelitian untuk meningkatkan dan mengoptimalkan metode pengajaran yang digunakan oleh pendidik. Penelitian tindakan kelas adalah metode yang efektif untuk mengatasi permasalahan kelas, meningkatkan kinerja guru, dan mendorong peningkatan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Medan. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 36 orang dari kelas X-2. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan paradigma pembelajaran Think Pair Share (TPS) menghasilkan peningkatan substansial dalam keterlibatan siswa sepanjang pengalaman pembelajaran.Abstract
Pendekatan pembelajaran Think Pair Share memiliki beberapa manfaat, termasuk meningkatkan keterlibatan siswa, khususnya untuk kegiatan lugas. Selain itu, setiap anggota kelompok mempunyai banyak kesempatan untuk berkontribusi aktif pada kelompoknya masing-masing, dan proses pembentukannya dipercepat dan disederhanakan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menyelidiki efektivitas pendekatan pembelajaran Think Pair Share dalam meningkatkan keterlibatan siswa di kelas X-2 SMA Negeri 2 Medan selama pembelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menerapkan pendekatan penelitian tindakan kelas, yang melibatkan melakukan penelitian untuk meningkatkan dan mengoptimalkan metode pengajaran yang digunakan oleh pendidik. Penelitian tindakan kelas adalah metode yang efektif untuk mengatasi permasalahan kelas, meningkatkan kinerja guru, dan mendorong peningkatan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Medan. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 36 orang dari kelas X-2. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan paradigma pembelajaran Think Pair Share (TPS) menghasilkan peningkatan substansial dalam keterlibatan siswa sepanjang pengalaman pembelajaran.
Published
2024-07-30
How to Cite
MUNTHE, Fitria Fahmi; TAMPILEN, Tampilen; SURIANA, Suriana.
PENERAPAN METODE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI KELAS X-2 SMA NEGERI 3 MEDAN.
Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 297-302, july 2024.
ISSN 2775-9466.
Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/4447>. Date accessed: 26 nov. 2024.
doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i2.4447.
Section
Articles