INTEGRASI MEDIA BELAJAR BERBASIS GAME WORDWALL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Kurangnya motivasi belajar peserta didik dapat disebabkan oleh kurangnya pengetahuan guru mengenai media pembelajaran digital yang cocok digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat menyebabkan siswa merasa jenuh, bosan dan mengantuk selama pembelajaran. Media wordwall merupakan salah satu tipe media pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan materi dan mampu membuat mereka antusias dalam pembelajaran Maka, tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti bagaimana media pembelajaran berbasis game wordwall dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMA Negeri 3 Medan. Subjek penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI IS-2 dengan jumlah 36 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data motivasi belajar siswa diperoleh melalui pengisian angket oleh siswa. Analisis pra-siklus menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa rendah, dengan banyak siswa termasuk dalam kategori sangat rendah. Setelah menerapkan wordwall dalam siklus I, terdapat peningkatan motivasi belajar siswa. Jumlah siswa dengan motivasi sangat tinggi meningkat menjadi 12 orang dan kategori tinggi menjadi 10 orang. Namun, meskipun ada peningkatan, persentase motivasi belajar secara keseluruhan masih rendah. Pada siklus II, penggunaan game di wordwall lebih meningkatkan antusiasme peserta didik. Sebagian besar siswa, 85%, akhirnya memiliki motivasi belajar yang sangat tinggi. Oleh karena itu, media pembelajaran wordwall terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Abstract
Kurangnya motivasi belajar peserta didik dapat disebabkan oleh kurangnya pengetahuan guru mengenai media pembelajaran digital yang cocok digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat menyebabkan siswa merasa jenuh, bosan dan mengantuk selama pembelajaran. Media wordwall merupakan salah satu tipe media pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan materi dan mampu membuat mereka antusias dalam pembelajaran Maka, tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti bagaimana media pembelajaran berbasis game wordwall dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMA Negeri 3 Medan. Subjek penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI IS-2 dengan jumlah 36 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data motivasi belajar siswa diperoleh melalui pengisian angket oleh siswa. Analisis pra-siklus menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa rendah, dengan banyak siswa termasuk dalam kategori sangat rendah. Setelah menerapkan wordwall dalam siklus I, terdapat peningkatan motivasi belajar siswa. Jumlah siswa dengan motivasi sangat tinggi meningkat menjadi 12 orang dan kategori tinggi menjadi 10 orang. Namun, meskipun ada peningkatan, persentase motivasi belajar secara keseluruhan masih rendah. Pada siklus II, penggunaan game di wordwall lebih meningkatkan antusiasme peserta didik. Sebagian besar siswa, 85%, akhirnya memiliki motivasi belajar yang sangat tinggi. Oleh karena itu, media pembelajaran wordwall terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik.