PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING PADA MATERI PAHAM KEBANGSAAN, NASIONALISME, DAN MENJAGA NKRI DI KELAS X-3SMA NEGERI 11 MEDAN

  • Adelina Br Bangun Universitas Islam Sumatera Utara
  • Evi Susilawati Universitas Islam Sumatera Utara
  • Juwita Fauziah Universitas Islam Sumatera Utara

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menengahnya hasil belajar siswa kelas X-3 SMAN 11 Medan pada muatan pelajaran PPKn materi Paham Kebangsaan, Nasionalisme, dan Menjaga NKRI. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas X-3 dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 80 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal muatan PPKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran PPKn materi Paham Kebangsaan, Nasionalisme, dan Menjaga NKRI. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus hanya mencapai 71 Setelah diterapkan model pembelajaran PBL pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 78,8 dan pada siklus II meningkat menjadi 85,87. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar PPKn pada siswa kelas X-3 Semester 2 di SMA Negeri 11 Medan tahun pelajaran 2023/2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menengahnya hasil belajar siswa kelas X-3 SMAN 11 Medan pada muatan pelajaran PPKn materi Paham Kebangsaan, Nasionalisme, dan Menjaga NKRI. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas X-3 dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 80 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal muatan PPKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran PPKn materi Paham Kebangsaan, Nasionalisme, dan Menjaga NKRI. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus hanya mencapai 71 Setelah diterapkan model pembelajaran PBL pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 78,8 dan pada siklus II meningkat menjadi 85,87. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar PPKn pada siswa kelas X-3 Semester 2 di SMA Negeri 11 Medan tahun pelajaran 2023/2024

Published
2024-06-24
How to Cite
BANGUN, Adelina Br; SUSILAWATI, Evi; FAUZIAH, Juwita. PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING PADA MATERI PAHAM KEBANGSAAN, NASIONALISME, DAN MENJAGA NKRI DI KELAS X-3SMA NEGERI 11 MEDAN. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 77-83, june 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/4398>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i2.4398.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.