PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING PADA MATERI PAHAM KEBANGSAAN, NASIONALISME, DAN MENJAGA NKRI DI KELAS X-3SMA NEGERI 11 MEDAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menengahnya hasil belajar siswa kelas X-3 SMAN 11 Medan pada muatan pelajaran PPKn materi Paham Kebangsaan, Nasionalisme, dan Menjaga NKRI. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas X-3 dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 80 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal muatan PPKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran PPKn materi Paham Kebangsaan, Nasionalisme, dan Menjaga NKRI. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus hanya mencapai 71 Setelah diterapkan model pembelajaran PBL pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 78,8 dan pada siklus II meningkat menjadi 85,87. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar PPKn pada siswa kelas X-3 Semester 2 di SMA Negeri 11 Medan tahun pelajaran 2023/2024
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menengahnya hasil belajar siswa kelas X-3 SMAN 11 Medan pada muatan pelajaran PPKn materi Paham Kebangsaan, Nasionalisme, dan Menjaga NKRI. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas X-3 dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 80 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal muatan PPKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran PPKn materi Paham Kebangsaan, Nasionalisme, dan Menjaga NKRI. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus hanya mencapai 71 Setelah diterapkan model pembelajaran PBL pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 78,8 dan pada siklus II meningkat menjadi 85,87. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar PPKn pada siswa kelas X-3 Semester 2 di SMA Negeri 11 Medan tahun pelajaran 2023/2024