PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA MELALUI PERPUSTAKAAN DI SDN 08 GUNUNG TULEH KABUPATEN PASAMAN BARAT

  • Dini Sri Utami Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat
  • Nofriza Efendi Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat
  • Gingga Prananda Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat
  • Stavinibelia Stavinibelia Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi peran guru dalam meningkatkan minat membaca anak dengan memanfaatkan perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa melalui perpustakaan di kelas I SDN 08 Gunung Tuleh. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, Kemudian data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi.  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa (1) Peran guru kelas 1 dalam meningkatkan minat membaca siswa melalui perpustakaan di SDN 08 Gunung Tuleh, yaitu guru kelas membiasakan siswa membaca sebelum memulai pembelajaran di kelas dan membuat jadwal membaca di perpustakaan dengan pengawasan langsung oleh guru kelas. (2) Fasilitas pendukung guru kelas dalam meningkatkan minat membaca siswa melalui perpustakaan di SDN 08 Gunung Tuleh, selain dari koleksi buku di perpustakaan yang sudah cukup lengkap, kondisi gedung yang baru dan bagus serta kondisi ruangan yang nyaman dan bersih. Guru kelas 1 dalam meningkatkan minat membaca siswa melalui perpustakaan di SDN 08 Gunung Tuleh yaitu agar siswa kelas 1 lancar membaca dan agar siswa dapat memahami suatu pembelajaran dengan cepat

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi peran guru dalam meningkatkan minat membaca anak dengan memanfaatkan perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa melalui perpustakaan di kelas I SDN 08 Gunung Tuleh. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, Kemudian data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi.  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa (1) Peran guru kelas 1 dalam meningkatkan minat membaca siswa melalui perpustakaan di SDN 08 Gunung Tuleh, yaitu guru kelas membiasakan siswa membaca sebelum memulai pembelajaran di kelas dan membuat jadwal membaca di perpustakaan dengan pengawasan langsung oleh guru kelas. (2) Fasilitas pendukung guru kelas dalam meningkatkan minat membaca siswa melalui perpustakaan di SDN 08 Gunung Tuleh, selain dari koleksi buku di perpustakaan yang sudah cukup lengkap, kondisi gedung yang baru dan bagus serta kondisi ruangan yang nyaman dan bersih. Guru kelas 1 dalam meningkatkan minat membaca siswa melalui perpustakaan di SDN 08 Gunung Tuleh yaitu agar siswa kelas 1 lancar membaca dan agar siswa dapat memahami suatu pembelajaran dengan cepat

Published
2024-03-30
How to Cite
UTAMI, Dini Sri et al. PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA MELALUI PERPUSTAKAAN DI SDN 08 GUNUNG TULEH KABUPATEN PASAMAN BARAT. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 283-293, mar. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/4342>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i1.4342.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.