PENERAPAN STRATEGI EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN BANTUAN MEDIA GAMBAR PADA KEMAMPUAN ANAK MEMAHAMI GAMBAR DAN BENTUK MACAM-MACAM BENDA DI TK PERTIWI MAYANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Abstract
Materi pelajaran yang disampaikan guru kepada siswa di TK seharusnya senantiasa diingat agar siswa nantinya siap melanjutkan ke SD. Seorang guru harus mencari cara atau strategi untuk membangkitkan ingatan siswa terhadap segala materi yang sudah pernah diterimanya dalam proses pembelajaran. Pembelajaran adalah proses yang dapat mempengaruhi perubahan dari segi perilaku dan cara berfikir pada diri manusia yang dapat ditingkatkan. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi Example Non Example. Example Non Example adalah strategi yang dapat digunakan untuk mengajarkan definisi konsep. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak 2 siklus. Siklus I terdiri dari tahap identifikasi masalah, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus II terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sasaran penelitian adalah siswa TK Pertiwi Mayang. Data yang diperoleh berupa hasil kerja kelompok, tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan hasil belajar dari siklus I menuju siklus II, yaitu masing-masing 71,43% dan 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi Example Non Example dengan bantuan media gambar dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa TK Pertiwi Mayang dimana siswa mampu mengenal macam-macam benda yang ada di sekitar lingkungan dengan cukup baik
Abstract
Materi pelajaran yang disampaikan guru kepada siswa di TK seharusnya senantiasa diingat agar siswa nantinya siap melanjutkan ke SD. Seorang guru harus mencari cara atau strategi untuk membangkitkan ingatan siswa terhadap segala materi yang sudah pernah diterimanya dalam proses pembelajaran. Pembelajaran adalah proses yang dapat mempengaruhi perubahan dari segi perilaku dan cara berfikir pada diri manusia yang dapat ditingkatkan. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi Example Non Example. Example Non Example adalah strategi yang dapat digunakan untuk mengajarkan definisi konsep. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak 2 siklus. Siklus I terdiri dari tahap identifikasi masalah, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus II terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sasaran penelitian adalah siswa TK Pertiwi Mayang. Data yang diperoleh berupa hasil kerja kelompok, tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan hasil belajar dari siklus I menuju siklus II, yaitu masing-masing 71,43% dan 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi Example Non Example dengan bantuan media gambar dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa TK Pertiwi Mayang dimana siswa mampu mengenal macam-macam benda yang ada di sekitar lingkungan dengan cukup baik