PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

  • Anggun Citra Anggraeni Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Supriyono Supriyono Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat partisipasi siswa. Keaktifan belajar siswa sangat penting, sebab keaktifan siswa menjadi penentu bagi keberhasilan pembelajaran yang dilaksanakan. Focus dari penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif TGT untuk meningkatkan keterlibatan dan partisipasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah menyajikan analisis komprehensif tentang peningkatan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran di III SD Negeri Karangasem 2. Penelitian ini melibatkan 28 siswa kelas III SD Negeri Karangasem 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis observasi dan dokumentasi dari setiap siklus menunjukkan, terlihat adanya kemajuan yang baik dalam kinerja siswa. Pada penelitian ini, mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam aktivitas belajar siswa. Tingkat keterlibatan siswa pada pra siklus sebesar 50,81%, meningkat menjadi 64,24% pada siklus I, dan selanjutnya meningkat menjadi 74,87% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) meningkatkan tingkat keterlibatan siswa dalam pembelajaran pada siswa kelas III SD Negeri Karangasem 2.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat partisipasi siswa. Keaktifan belajar siswa sangat penting, sebab keaktifan siswa menjadi penentu bagi keberhasilan pembelajaran yang dilaksanakan. Focus dari penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif TGT untuk meningkatkan keterlibatan dan partisipasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah menyajikan analisis komprehensif tentang peningkatan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran di III SD Negeri Karangasem 2. Penelitian ini melibatkan 28 siswa kelas III SD Negeri Karangasem 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis observasi dan dokumentasi dari setiap siklus menunjukkan, terlihat adanya kemajuan yang baik dalam kinerja siswa. Pada penelitian ini, mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam aktivitas belajar siswa. Tingkat keterlibatan siswa pada pra siklus sebesar 50,81%, meningkat menjadi 64,24% pada siklus I, dan selanjutnya meningkat menjadi 74,87% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) meningkatkan tingkat keterlibatan siswa dalam pembelajaran pada siswa kelas III SD Negeri Karangasem 2.

Published
2024-05-03
How to Cite
CITRA ANGGRAENI, Anggun; SUPRIYONO, Supriyono. PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 247-257, may 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/4279>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i1.4279.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.