PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat partisipasi siswa. Keaktifan belajar siswa sangat penting, sebab keaktifan siswa menjadi penentu bagi keberhasilan pembelajaran yang dilaksanakan. Focus dari penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif TGT untuk meningkatkan keterlibatan dan partisipasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah menyajikan analisis komprehensif tentang peningkatan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran di III SD Negeri Karangasem 2. Penelitian ini melibatkan 28 siswa kelas III SD Negeri Karangasem 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis observasi dan dokumentasi dari setiap siklus menunjukkan, terlihat adanya kemajuan yang baik dalam kinerja siswa. Pada penelitian ini, mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam aktivitas belajar siswa. Tingkat keterlibatan siswa pada pra siklus sebesar 50,81%, meningkat menjadi 64,24% pada siklus I, dan selanjutnya meningkat menjadi 74,87% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) meningkatkan tingkat keterlibatan siswa dalam pembelajaran pada siswa kelas III SD Negeri Karangasem 2.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat partisipasi siswa. Keaktifan belajar siswa sangat penting, sebab keaktifan siswa menjadi penentu bagi keberhasilan pembelajaran yang dilaksanakan. Focus dari penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif TGT untuk meningkatkan keterlibatan dan partisipasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah menyajikan analisis komprehensif tentang peningkatan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran di III SD Negeri Karangasem 2. Penelitian ini melibatkan 28 siswa kelas III SD Negeri Karangasem 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis observasi dan dokumentasi dari setiap siklus menunjukkan, terlihat adanya kemajuan yang baik dalam kinerja siswa. Pada penelitian ini, mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam aktivitas belajar siswa. Tingkat keterlibatan siswa pada pra siklus sebesar 50,81%, meningkat menjadi 64,24% pada siklus I, dan selanjutnya meningkat menjadi 74,87% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) meningkatkan tingkat keterlibatan siswa dalam pembelajaran pada siswa kelas III SD Negeri Karangasem 2.