PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF KONTROL TERHADAP KEMAMPUAN MANAJEMEN WAKTU BELAJAR MAHASISWA IBNU KATSIR ANGKATAN 2018

  • Moch. Imron Shodiqin Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Wahid Suharmawan Universitas PGRI Argopuro Jember
  • ST. Fanatus Syamsiyah STKIP PGRI Situbondo

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan teknik Self Control terhadap peningkatan manajemen waktu belajar. Adapun tahap-tahap model layanan ini dibagi menjadi tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan dan tahap pengakhiran. Penelitian ini menggunakan True Experiment dengan Pre-test-Post-test Control Groub Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik random dan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Skoring nilai dalam instrumen menggunakan skala likert dengan rentang skor 1, 2, 3, 4, dan selanjutnya data diolah untuk dianalisis menggunakan SPSS 25.00 for windows. Teknik analisis data menggunakan analisis non parametrik. Hasil penelitian terhadap mahasiswa ibnu katsir terkait kemampuan manajemen waktu belajarnya menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Hal ini dapat dibuktikan melalui hasil skor post-test antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, dimana peningkatan pemahaman kelompok eksperimen lebih tinggi (28,950%) dibandingkan dengan kelompok kontrol (16,243%). Berdasarkan data di atas diperoleh kesimpulan bahwa konseling kelompok teknik self control berpengaruh terhadap kemampuan manajmenen waktu belajar mahasiswa Ibnu Katsir.

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan teknik Self Control terhadap peningkatan manajemen waktu belajar. Adapun tahap-tahap model layanan ini dibagi menjadi tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan dan tahap pengakhiran. Penelitian ini menggunakan True Experiment dengan Pre-test-Post-test Control Groub Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik random dan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Skoring nilai dalam instrumen menggunakan skala likert dengan rentang skor 1, 2, 3, 4, dan selanjutnya data diolah untuk dianalisis menggunakan SPSS 25.00 for windows. Teknik analisis data menggunakan analisis non parametrik. Hasil penelitian terhadap mahasiswa ibnu katsir terkait kemampuan manajemen waktu belajarnya menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Hal ini dapat dibuktikan melalui hasil skor post-test antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, dimana peningkatan pemahaman kelompok eksperimen lebih tinggi (28,950%) dibandingkan dengan kelompok kontrol (16,243%). Berdasarkan data di atas diperoleh kesimpulan bahwa konseling kelompok teknik self control berpengaruh terhadap kemampuan manajmenen waktu belajar mahasiswa Ibnu Katsir.

Published
2024-03-30
How to Cite
SHODIQIN, Moch. Imron; SUHARMAWAN, Wahid; SYAMSIYAH, ST. Fanatus. PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF KONTROL TERHADAP KEMAMPUAN MANAJEMEN WAKTU BELAJAR MAHASISWA IBNU KATSIR ANGKATAN 2018. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 220-226, mar. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/4266>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i1.4266.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.