PENGARUH TEKNIK SKIMMING DAN SCANNING TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 9 PATOKAN KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2023/2024

  • Aenor Rofek Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada dan tidaknya Pengaruh Teknik Skimming dan Scanning terhadap keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V semester ganjil di SDN 9 Patokan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2023/2024.Dalam penelitian ini rancangan yang digunakan adalah eksperimen. Dengan membandingkan kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol peneliti ingin mengetahui perbedaan antara variabel X dan variabel Y.Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh harga t = 2,810 dilanjutkan harga t hitung dibandingkan dengan harga t tabel dengan taraf signifikan 5 % dan derajat kebebasan (db) = 38 adalah 0,312 sesuai dengan konsensus yang ada pada bab analisis data, ketentuan pengujian hipotesis adalah sebagai berikut : 1) Menerima hipotesis nihil (Ho) jika “t” hitung < “t” tabel ( t hitung lebih kecil dari t tabel ). 2) Menerima hipotesis kerja (Ha) jika “t” hitung > “t” tabel ( t hitung lebih besar dari t tabel ).   Hasil perhitungan diperoleh harga t hitung adalah bila hasil ini dibandingkan dangan harga t tabel pad taraf signifikansi 5 % dan derajat kebebasan (db) = 38, maka harga t- hitung lebih besar dari t- tabel yaitu 2,810 > 0,312 hasil tersebut sesuai dengan konsensus nomer dua yaitu menerima hipotesa kerja. Berdasarkan keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan keterampilan membaca antara siswa yang belajar dengan Teknik Skimming dan Scanning  dengan siswa yang belajar secara Konvensional pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan demikian belajar dengan Teknik Skimming dan Scanning lebih baik dari pada belajar secara Konvensional.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada dan tidaknya Pengaruh Teknik Skimming dan Scanning terhadap keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V semester ganjil di SDN 9 Patokan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2023/2024.Dalam penelitian ini rancangan yang digunakan adalah eksperimen. Dengan membandingkan kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol peneliti ingin mengetahui perbedaan antara variabel X dan variabel Y.Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh harga t = 2,810 dilanjutkan harga t hitung dibandingkan dengan harga t tabel dengan taraf signifikan 5 % dan derajat kebebasan (db) = 38 adalah 0,312 sesuai dengan konsensus yang ada pada bab analisis data, ketentuan pengujian hipotesis adalah sebagai berikut : 1) Menerima hipotesis nihil (Ho) jika “t” hitung < “t” tabel ( t hitung lebih kecil dari t tabel ). 2) Menerima hipotesis kerja (Ha) jika “t” hitung > “t” tabel ( t hitung lebih besar dari t tabel ).   Hasil perhitungan diperoleh harga t hitung adalah bila hasil ini dibandingkan dangan harga t tabel pad taraf signifikansi 5 % dan derajat kebebasan (db) = 38, maka harga t- hitung lebih besar dari t- tabel yaitu 2,810 > 0,312 hasil tersebut sesuai dengan konsensus nomer dua yaitu menerima hipotesa kerja. Berdasarkan keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan keterampilan membaca antara siswa yang belajar dengan Teknik Skimming dan Scanning  dengan siswa yang belajar secara Konvensional pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan demikian belajar dengan Teknik Skimming dan Scanning lebih baik dari pada belajar secara Konvensional.

Published
2024-04-24
How to Cite
ROFEK, Aenor. PENGARUH TEKNIK SKIMMING DAN SCANNING TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 9 PATOKAN KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 190-204, apr. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/4244>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i1.4244.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.