ANALISIS KENDALA GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS IV SD NEGERI 43 SUNGAI SAPIH
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kendala guru dalam pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka dikarenakan guru mampu memahami karakteristik siswa karna setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kendala Guru Dalam Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum Merdeka Kelas IV SD Negeri 43 Sungai Sapih. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Kemudian data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, kuesioner dan selanjutnya dilakukan analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Subjek penelitian ini yaitu Seluruh Guru Kelas IV. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Kendala Guru Dalam Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum Merdeka Kelas IV SD Negeri 43 Sungai Sapih. Pada Kesiapan Rencana Implementasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 43 Sungai Sapih yang terdiri dari faktor perencanaan pembelajaran, faktor penyusunan modul atau bahan ajar dan faktor evaluasi pembelajaran untuk mencapai keberhasilan guru dalam mengajar pada kurikulum merdeka di kelas IV Sekolah Dasar.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kendala guru dalam pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka dikarenakan guru mampu memahami karakteristik siswa karna setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kendala Guru Dalam Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum Merdeka Kelas IV SD Negeri 43 Sungai Sapih. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Kemudian data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, kuesioner dan selanjutnya dilakukan analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Subjek penelitian ini yaitu Seluruh Guru Kelas IV. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Kendala Guru Dalam Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum Merdeka Kelas IV SD Negeri 43 Sungai Sapih. Pada Kesiapan Rencana Implementasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 43 Sungai Sapih yang terdiri dari faktor perencanaan pembelajaran, faktor penyusunan modul atau bahan ajar dan faktor evaluasi pembelajaran untuk mencapai keberhasilan guru dalam mengajar pada kurikulum merdeka di kelas IV Sekolah Dasar.