EFEKTIFITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI KELAS VIII MTS MIFTAHUL MUBTADIIN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Teknik self management efektif untuk meningkatkan motivasi belajar santri kelas VIII MTs Miftahul Mubtadiin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre eksperimental design. Dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test design. Pupulasi dalam penelitian ini 30 santri kelas VIII MTs Miftahul Mubtadiin. Subjek Penelitian Dipilih secara porposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 18 santri dengan kriteria motivasi belajar sedang dan rendah. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket skala motivasi belajar. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis data yaitu uji wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar pada 18 santri mengalami peningkatan setelah memperoleh Teknik self management, dari nilai pretest ke nilai posttest. Mean ranks meningkat sebesar 9,50 sedangkan jumlah sum of ranks sebesar 171,00. Dari negatif ranks sebesar 0 menunjukkan tidak ada penurunan tingkat percaya diri nilai pretest ke nilai posttest. Dan hasil uji wilcoxon diperoleh nilai Z sebesar -3,750 dengan simpotik uji dua arah sebesar 0,00. Dari hasil pengujian, diketahui nilai Asymp. Sig. (2 tailed) sebesar 0,00<0,05 maka hipotesis Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa Teknik self management efektif untuk meningkatkan motivasi belajar santri kelas VIII MTs Miftahul Mubtadiin.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Teknik self management efektif untuk meningkatkan motivasi belajar santri kelas VIII MTs Miftahul Mubtadiin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre eksperimental design. Dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test design. Pupulasi dalam penelitian ini 30 santri kelas VIII MTs Miftahul Mubtadiin. Subjek Penelitian Dipilih secara porposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 18 santri dengan kriteria motivasi belajar sedang dan rendah. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket skala motivasi belajar. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis data yaitu uji wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar pada 18 santri mengalami peningkatan setelah memperoleh Teknik self management, dari nilai pretest ke nilai posttest. Mean ranks meningkat sebesar 9,50 sedangkan jumlah sum of ranks sebesar 171,00. Dari negatif ranks sebesar 0 menunjukkan tidak ada penurunan tingkat percaya diri nilai pretest ke nilai posttest. Dan hasil uji wilcoxon diperoleh nilai Z sebesar -3,750 dengan simpotik uji dua arah sebesar 0,00. Dari hasil pengujian, diketahui nilai Asymp. Sig. (2 tailed) sebesar 0,00<0,05 maka hipotesis Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa Teknik self management efektif untuk meningkatkan motivasi belajar santri kelas VIII MTs Miftahul Mubtadiin.