EFEKTIFITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI KELAS VIII MTS MIFTAHUL MUBTADIIN

  • M. Guntur Maulana Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Mudafiatun Isriyah Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ika Romika Mawaddati Universitas PGRI Argopuro Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Teknik self management efektif untuk meningkatkan motivasi belajar santri kelas VIII MTs Miftahul Mubtadiin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre eksperimental design. Dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test design. Pupulasi dalam penelitian ini 30 santri kelas VIII MTs Miftahul Mubtadiin. Subjek Penelitian Dipilih secara porposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 18 santri dengan kriteria motivasi belajar sedang dan rendah. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket skala motivasi belajar. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis data yaitu uji wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar pada 18 santri mengalami peningkatan setelah memperoleh Teknik self management, dari nilai pretest ke nilai posttest. Mean ranks meningkat sebesar 9,50 sedangkan jumlah sum of ranks sebesar 171,00. Dari negatif ranks sebesar 0 menunjukkan tidak ada penurunan tingkat percaya diri nilai pretest ke nilai posttest. Dan hasil uji wilcoxon diperoleh nilai Z sebesar -3,750 dengan simpotik uji dua arah sebesar 0,00. Dari hasil pengujian, diketahui nilai Asymp. Sig. (2 tailed) sebesar 0,00<0,05 maka hipotesis Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa Teknik self management efektif untuk meningkatkan motivasi belajar santri kelas VIII MTs Miftahul Mubtadiin.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Teknik self management efektif untuk meningkatkan motivasi belajar santri kelas VIII MTs Miftahul Mubtadiin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre eksperimental design. Dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test design. Pupulasi dalam penelitian ini 30 santri kelas VIII MTs Miftahul Mubtadiin. Subjek Penelitian Dipilih secara porposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 18 santri dengan kriteria motivasi belajar sedang dan rendah. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket skala motivasi belajar. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis data yaitu uji wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar pada 18 santri mengalami peningkatan setelah memperoleh Teknik self management, dari nilai pretest ke nilai posttest. Mean ranks meningkat sebesar 9,50 sedangkan jumlah sum of ranks sebesar 171,00. Dari negatif ranks sebesar 0 menunjukkan tidak ada penurunan tingkat percaya diri nilai pretest ke nilai posttest. Dan hasil uji wilcoxon diperoleh nilai Z sebesar -3,750 dengan simpotik uji dua arah sebesar 0,00. Dari hasil pengujian, diketahui nilai Asymp. Sig. (2 tailed) sebesar 0,00<0,05 maka hipotesis Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa Teknik self management efektif untuk meningkatkan motivasi belajar santri kelas VIII MTs Miftahul Mubtadiin.

Published
2024-04-04
How to Cite
MAULANA, M. Guntur; ISRIYAH, Mudafiatun; MAWADDATI, Ika Romika. EFEKTIFITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI KELAS VIII MTS MIFTAHUL MUBTADIIN. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 156-160, apr. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/4212>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i1.4212.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.