EFEKTIFITAS TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEROKOK PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH MINHAJUT THULLAB MUNCAR

  • Bustanul Arifin Universitas PGRI Argopuro Jember

Abstract

Penggunaan layanan konseling kelompok dalam penelitian ini diharapkan mampu membantu mengurangi perilaku merokok pada siswa. Adapun tahapan tahapan seperti asesment/diagnosa, mengidentifikasi pikiran-pikiran negatif siswa, memonitor pikiran-pikiran siswa melalui thought record, intervensi pikiran negatif siswa menjadi pikiran yang positif, dan yang terakhir adalah latihan penguatan pikiran positif agar pikiran positif dapat dikembangkan serta tidak dapat dimanipulasi pikiran negatif kembali. Penelitian eksperimen  melibatkan dua kelompok yaitu pertama adalah kelompok eksperimen dan kontrol. Subjek yang diambil peneliti merupakan siswa dari kelas X tahun ajaran 2022/2023 yang mempunyai keterangan sebagai perokok aktif yang terdata sebanyak 8 siswa yang semuanya berjenis kelamin laki-laki. Berdasarkan hasil pre-test diperoleh rata-rata skor sebesar 58,00. Sementara itu, data hasil post-test diperoleh rata rata skor 48,12 yang menunjukkan skor rata-rata hasil post-test lebih rendah dibandingkan skor rata-rata pre-test yang mengalami penurunan yang signifikan sebanyak 9,88. hasil pada kelompok eksperimen berdasarkan hasil analisis uji-t sebagai berikut. Dimana dalam tabel harga t diketahui bahwa db =8, taraf signifikansi 5% diperlukan harga ttabel  = 2,31. Harga ttabel tersebut kemudian dibandingkan dengan thitung. Berdasarkan perhitungan menunjukkan 1,25  2,31 yang memiliki arti bahwa t hitung  t tabel. Hal ini mengandung arti bahwa Teknik cognitive restructuring efektif dalam mengurangi perilaku merokok pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Minhajut Thullab Muncar.

Abstract

Penggunaan layanan konseling kelompok dalam penelitian ini diharapkan mampu membantu mengurangi perilaku merokok pada siswa. Adapun tahapan tahapan seperti asesment/diagnosa, mengidentifikasi pikiran-pikiran negatif siswa, memonitor pikiran-pikiran siswa melalui thought record, intervensi pikiran negatif siswa menjadi pikiran yang positif, dan yang terakhir adalah latihan penguatan pikiran positif agar pikiran positif dapat dikembangkan serta tidak dapat dimanipulasi pikiran negatif kembali. Penelitian eksperimen  melibatkan dua kelompok yaitu pertama adalah kelompok eksperimen dan kontrol. Subjek yang diambil peneliti merupakan siswa dari kelas X tahun ajaran 2022/2023 yang mempunyai keterangan sebagai perokok aktif yang terdata sebanyak 8 siswa yang semuanya berjenis kelamin laki-laki. Berdasarkan hasil pre-test diperoleh rata-rata skor sebesar 58,00. Sementara itu, data hasil post-test diperoleh rata rata skor 48,12 yang menunjukkan skor rata-rata hasil post-test lebih rendah dibandingkan skor rata-rata pre-test yang mengalami penurunan yang signifikan sebanyak 9,88. hasil pada kelompok eksperimen berdasarkan hasil analisis uji-t sebagai berikut. Dimana dalam tabel harga t diketahui bahwa db =8, taraf signifikansi 5% diperlukan harga ttabel  = 2,31. Harga ttabel tersebut kemudian dibandingkan dengan thitung. Berdasarkan perhitungan menunjukkan 1,25  2,31 yang memiliki arti bahwa t hitung  t tabel. Hal ini mengandung arti bahwa Teknik cognitive restructuring efektif dalam mengurangi perilaku merokok pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Minhajut Thullab Muncar.

Published
2024-04-04
How to Cite
ARIFIN, Bustanul. EFEKTIFITAS TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEROKOK PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH MINHAJUT THULLAB MUNCAR. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 149-155, apr. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/4211>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i1.4211.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.