EFEKTIVITAS KONSELING HUMANISTIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PUTRA SMP AL-QUR,AN MINHAJUT THULLAB
Abstract
Penelitian ini bertempat di SMP Al-qur,an Minhajut Thullab. Menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan kelompok eksperimen Dengan siswa kelas VIII Putra sebanyak 28 orang dengan penggambaran ilustrasi One Group Pre-Test Post-Test Design. Dan siswa yang memiliki motivasi rendah sebanyak 18 orang. Dari hasil angket pre-test tingkat motivasi belajar sibelajar siswa sebesar 1060. Sedangkan dari hasil angket post-test tingkat motivasi belajar siswa sebesar 2190. Hal ini menunjukan terdapat perbedaan sebesar 1130 antara hasil pre-tes dan post-test tingkat motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji wilcoxon menggunakan SPSS ver 16 diperoleh nilai Z sebesar -3,731 a dengan simpotik signifikansi untuk uji dua arah sebesar 0,000. Dari hasil pengujian diatas, diketahui nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima karena ada pengaruh peningkatan terhadap tingkat motivasi belajar siswa kelas VIII Putra SMP Al-qur,an Minhajut Thullab dengan menggunakan konseling humanistik. Berdasararkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa konseling humanistik efektif untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas VIII Putra SMP Al-qur,an Minhajut Thullab.
Abstract
Penelitian ini bertempat di SMP Al-qur,an Minhajut Thullab. Menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan kelompok eksperimen Dengan siswa kelas VIII Putra sebanyak 28 orang dengan penggambaran ilustrasi One Group Pre-Test Post-Test Design. Dan siswa yang memiliki motivasi rendah sebanyak 18 orang. Dari hasil angket pre-test tingkat motivasi belajar sibelajar siswa sebesar 1060. Sedangkan dari hasil angket post-test tingkat motivasi belajar siswa sebesar 2190. Hal ini menunjukan terdapat perbedaan sebesar 1130 antara hasil pre-tes dan post-test tingkat motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji wilcoxon menggunakan SPSS ver 16 diperoleh nilai Z sebesar -3,731 a dengan simpotik signifikansi untuk uji dua arah sebesar 0,000. Dari hasil pengujian diatas, diketahui nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima karena ada pengaruh peningkatan terhadap tingkat motivasi belajar siswa kelas VIII Putra SMP Al-qur,an Minhajut Thullab dengan menggunakan konseling humanistik. Berdasararkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa konseling humanistik efektif untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas VIII Putra SMP Al-qur,an Minhajut Thullab.