EFEKTIFITAS TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA KELAS IX SMP AL QUR’AN MINHAJUT THULLAB PUTRA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian siswa kelas IX SMP Al Qur’an Minhajut Thullab dengan Teknik modeling. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan the one group pretest posttest design, yang merupakan jenis penelitian pra-eksperimen. Sampel dipilih menggunakan angket skala kemandirian belajar. Analisis data menggunakan uji wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 16.0 for windows. hasil uji wilcoxon didapatkan besaran Z-2,943 dengan simpotik uji dua arah sebesar 0,003. Sedangkan nilai Asymp. Sig. (2 tailed) ialah 0,003<0,05 sehingga layak dikatakan bahwa Ha diterima. Hal ini berarti hipotesis penelitian ini terbukti keabsahannya karena siswa kelas IX SMP Al Qur’an Minhajut Thullab lebih mandiri dalam belajar.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian siswa kelas IX SMP Al Qur’an Minhajut Thullab dengan Teknik modeling. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan the one group pretest posttest design, yang merupakan jenis penelitian pra-eksperimen. Sampel dipilih menggunakan angket skala kemandirian belajar. Analisis data menggunakan uji wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 16.0 for windows. hasil uji wilcoxon didapatkan besaran Z-2,943 dengan simpotik uji dua arah sebesar 0,003. Sedangkan nilai Asymp. Sig. (2 tailed) ialah 0,003<0,05 sehingga layak dikatakan bahwa Ha diterima. Hal ini berarti hipotesis penelitian ini terbukti keabsahannya karena siswa kelas IX SMP Al Qur’an Minhajut Thullab lebih mandiri dalam belajar.