MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TYPE JIGSAW SISWA KELAS X MA NURUL ICHSAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar SKI yang sebelumnya memiliki hasil yang tidak mencapai KKM berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan kelas, objek penelitiannya di MA Nurul Ichsan Yosowilangun Lumajang tepatnya dikelas X yang berjumlah 25 siswa. Adapun model koopertatif type jigsaw sebagai variable bebas sedangkan hasil belajar SKI sebagai variable terikat dengan perlakuan dua kali siklus, dimasing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Adapun hasil dari penelitian ini Ketika menggunakan model Kooperatif Learning Type Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar SKI Siswa kelas X MA Nurul Ichsan. Pada siklus II, dan tujuan penelitian dicapai, dan siklus kedua berhenti karena nilai tes siswa rata-rata siswa dari 72,1 menjadi 78,7 dan ketuntasan belajar juga meningkat dari 47% menjadi 82%. Artinya penelitian ini dapat dikategorikan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar SKI dikelas X MA Nurul Ichsan.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar SKI yang sebelumnya memiliki hasil yang tidak mencapai KKM berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan kelas, objek penelitiannya di MA Nurul Ichsan Yosowilangun Lumajang tepatnya dikelas X yang berjumlah 25 siswa. Adapun model koopertatif type jigsaw sebagai variable bebas sedangkan hasil belajar SKI sebagai variable terikat dengan perlakuan dua kali siklus, dimasing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Adapun hasil dari penelitian ini Ketika menggunakan model Kooperatif Learning Type Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar SKI Siswa kelas X MA Nurul Ichsan. Pada siklus II, dan tujuan penelitian dicapai, dan siklus kedua berhenti karena nilai tes siswa rata-rata siswa dari 72,1 menjadi 78,7 dan ketuntasan belajar juga meningkat dari 47% menjadi 82%. Artinya penelitian ini dapat dikategorikan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar SKI dikelas X MA Nurul Ichsan.