STRATEGI GURU KELAS IV DALAM MEMAHAMI GAYA BELAJAR VISUAL PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

  • Nabila Dini Putri Arifah Universitas Nahdlatul Ulama Sumbar, Padang,
  • Nofriza Efendi Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat
  • Kristian Burhan Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat
  • Rica Azwar Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya wawasan guru dalam pengembangan strategi memahami gaya belajar peserta didik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru kelas IV dalam memahami gaya belajar visual peserta didik di SDN 21 Parak Kopi Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis deskriptif. Kemudian data dikumpulakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, selanjutnya dilakukan analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas IV dan Peserta didik. Penelitian ini dilaksankan di SDN 21 Parak Kopi Kota Padang pada bulan Mei-Juni 2023. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa strategi guru kelas IV dalam memahami gaya belajar visual peserta didik di SDN 21 Parak Kopi Kota Padang yaitu dengan cara yang paling tepat untuk meningkatkan hasil belajar bagi peserta didik yang mempunyai gaya belajar visual dengan alat bantu visual seperti grafik dan gambar. Hal ini dianalisis dalam pemilihan metode dan media pembelajaran yang mengaktifkan penglihatan (mata).

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya wawasan guru dalam pengembangan strategi memahami gaya belajar peserta didik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru kelas IV dalam memahami gaya belajar visual peserta didik di SDN 21 Parak Kopi Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis deskriptif. Kemudian data dikumpulakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, selanjutnya dilakukan analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas IV dan Peserta didik. Penelitian ini dilaksankan di SDN 21 Parak Kopi Kota Padang pada bulan Mei-Juni 2023. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa strategi guru kelas IV dalam memahami gaya belajar visual peserta didik di SDN 21 Parak Kopi Kota Padang yaitu dengan cara yang paling tepat untuk meningkatkan hasil belajar bagi peserta didik yang mempunyai gaya belajar visual dengan alat bantu visual seperti grafik dan gambar. Hal ini dianalisis dalam pemilihan metode dan media pembelajaran yang mengaktifkan penglihatan (mata).

Published
2024-03-16
How to Cite
ARIFAH, Nabila Dini Putri et al. STRATEGI GURU KELAS IV DALAM MEMAHAMI GAYA BELAJAR VISUAL PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 87-96, mar. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/4155>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i1.4155.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.