IMPLEMENTASI MENEJEMEN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI SEKOLAH DASAR

  • Agus Wijaksono Universitas Bakti Indonesia
  • Ananda Suroya Universitas Bakti Indonesia
  • Gesita Septafi Universitas Bakti Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran kelas rangkap dengan metode pembelajaran kelas rangkap di sekolah dasar. Penelitian ini termasuk penelitian studi pustaka (library search). Teknik pengumpulan data menggunakan buku, jurnal dan majalah/modul. Pembelajaran Kelas Rangkap adalah satu bentuk pembelajaran yang mempersyaratkan seorang guru mengajar dalam satu ruang kelas atau lebih, dalam saat yang sama, dan menghadapi dua atau lebih tingkat kelas yang berbeda. PKR juga mengandung makna, seorang guru mengajar dalam satu ruang kelas atau lebih dan menghadapi murid-murid dengan kemampuan belajar yang berbeda-beda. Dengan menggunakan model pembelajaran dalam kelas rangkap dapat meningkatkan prestasi hasil belajar siswa karena didalamnya terdapat motivasi belajar baik dari kakak  atau adek kelas yang menjadi satu kelas.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran kelas rangkap dengan metode pembelajaran kelas rangkap di sekolah dasar. Penelitian ini termasuk penelitian studi pustaka (library search). Teknik pengumpulan data menggunakan buku, jurnal dan majalah/modul. Pembelajaran Kelas Rangkap adalah satu bentuk pembelajaran yang mempersyaratkan seorang guru mengajar dalam satu ruang kelas atau lebih, dalam saat yang sama, dan menghadapi dua atau lebih tingkat kelas yang berbeda. PKR juga mengandung makna, seorang guru mengajar dalam satu ruang kelas atau lebih dan menghadapi murid-murid dengan kemampuan belajar yang berbeda-beda. Dengan menggunakan model pembelajaran dalam kelas rangkap dapat meningkatkan prestasi hasil belajar siswa karena didalamnya terdapat motivasi belajar baik dari kakak  atau adek kelas yang menjadi satu kelas.

Published
2024-03-09
How to Cite
WIJAKSONO, Agus; SUROYA, Ananda; SEPTAFI, Gesita. IMPLEMENTASI MENEJEMEN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI SEKOLAH DASAR. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 60-68, mar. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/4154>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i1.4154.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.