PENGARUH SUPERVISI PENGAWAS, PENGAWASAN DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI SE KECAMATAN SITUBONDO

  • Sumardiyanto Sumardiyanto STKIP PGRI Situbondo
  • Dassucik Dassucik STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Optimalisasi fungsi guru bukan hanya menjadi tanggung jawab mandiri guru terkait, tetapi ada fungsi lain yang memberikan perhatian, bimbingan, pengawasan, yaitu pengawas sekolah dan kepala sekolah itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh supervisi pengawas, pengawasan dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Metode penelitian ini menggunakan kuantitaif, dengan jumlah responden 100 guru sekecamatan Situbondo. Berdasarkan hasil perhitungan secara simultan pengaruh supervisi pengawas, pengawasan kepala sekolah, dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, pada taraf signifikansi 5% diperoleh Fhitung 83,089 dengan signifikansi F sebesar 0,000. Nilai signifikansi F yang dihasilkan kurang dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa secara simultan supervisi pengawas, pengawasan kepala sekolah, dan kepemimpinan kepala sekolah  memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru, sehingga hipotesis diterima. Hasil pengujian regresi linear ganda menunjukkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,722 atau sebesar 72,2%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa 72,2% kinerja guru dipengaruhi oleh supervisi pengawas, pengawasan kepala sekolah, dan kepemimpinan kepala sekolah, sedangkan sisanya 27,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published
2023-08-30
How to Cite
SUMARDIYANTO, Sumardiyanto; DASSUCIK, Dassucik. PENGARUH SUPERVISI PENGAWAS, PENGAWASAN DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI SE KECAMATAN SITUBONDO. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 210-231, aug. 2023. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/4124>. Date accessed: 28 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v3i2.4124.
Section
Articles