PERAN TEKNOLOGI ARKAS DALAM MENINGKATKAN AKURASI PERENCANAAN DAN PENGELOLAAN ANGGARAN BOS REGULER UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMKN 1 KECAMATAN LUAK

  • Lusiana Tresia Universitas Negeri Padang
  • Waskito Waskito Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini menganalisis peran krusial teknologi ARKAS dalam meningkatkan akurasi perencanaan dan pengelolaan anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) reguler untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMKN 1 Kecamatan Luak. Dengan melakukan evaluasi komparatif sebelum dan setelah penerapan ARKAS, penelitian ini menyoroti perbaikan yang signifikan dalam akurasi perencanaan anggaran, penggunaan dana yang lebih efisien, dan transparansi dalam pengelolaan dana. Meskipun demikian, kendala seperti adaptasi pengguna, kurangnya pelatihan awal, serta tantangan teknis menjadi perhatian selama proses implementasi ARKAS. Hasil positif dalam alokasi anggaran memberikan indikasi kuat bahwa penggunaan teknologi ARKAS memiliki dampak yang positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah

Abstract

Penelitian ini menganalisis peran krusial teknologi ARKAS dalam meningkatkan akurasi perencanaan dan pengelolaan anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) reguler untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMKN 1 Kecamatan Luak. Dengan melakukan evaluasi komparatif sebelum dan setelah penerapan ARKAS, penelitian ini menyoroti perbaikan yang signifikan dalam akurasi perencanaan anggaran, penggunaan dana yang lebih efisien, dan transparansi dalam pengelolaan dana. Meskipun demikian, kendala seperti adaptasi pengguna, kurangnya pelatihan awal, serta tantangan teknis menjadi perhatian selama proses implementasi ARKAS. Hasil positif dalam alokasi anggaran memberikan indikasi kuat bahwa penggunaan teknologi ARKAS memiliki dampak yang positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah

Published
2024-03-09
How to Cite
TRESIA, Lusiana; WASKITO, Waskito. PERAN TEKNOLOGI ARKAS DALAM MENINGKATKAN AKURASI PERENCANAAN DAN PENGELOLAAN ANGGARAN BOS REGULER UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMKN 1 KECAMATAN LUAK. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 10-15, mar. 2024. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/4061>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v4i1.4061.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.