EFEKTIVITAS TEKNIK SELF INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS VII MTSN 7 JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Efektifitas Teknik Self Instruction Dalam Meningktkan Percaya Diri Siswa Kelas VII MTsN 7 Jember. Jenis Penelitian ini Pretest – Postest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang siswa,10 orang siswa kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan 10 siswa kelas VII E sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitin ini menggunakan angket. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan percaya diri siswa meningkat setelah diberikan perlakuan berupa konseling kelompok dengan teknik self instruction. Hal ini terlihat dari hasil pretest dan posttest penelitian, didalam pretest menunjukkan skor nilai 73,7 dan posttest menunjukkan hasil skor 88,2 maka hal ini dapat disimpulkan bahwa percaya diri siswa setelah diberikan perlakuan mengalami peningkatan skor sebesar 8,2%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik self instruction efektif untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas VII MTsN 7 Jember. Berbeda dengan kelompok kontrol yang tidak mengalami peningkatan percaya diri, hal itu bisa dilihat dari hasil pretest yang menunjukkan skor 70,5 dan hasil posttest menunjukkan skor 71,4. Hal ini menunjukkan bahwa pada kelompok kontrol tidak mengalami peningkatan.