EFEKTIVITAS TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICCACY SISWA KELAS XII SMK MIN QOTHRTOTUL ULUM GUMUKMAS

  • Sri Rahayu Siti Nurul Hidayati Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Wahid Suharmawan Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Weni Kurnia Rahmawati Universitas PGRI Argopuro Jember

Abstract

 Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui efektivitas teknik modeling simbolis untuk meningkatkan self efficacy siswa kelas XII SMK Min Qothrotul Ulum Gumukmas. Responden dalam penelitian ini adalah 41 siswa. Metode pre experimental design yang menggunakan desain one group pretest post test dengan 11 siswa dari 41 peserta didik kelas XII memiliki self efficacy rendah. Kelompok eksperimen ini mendapatkan bimbingan dengan teknik modeling simbolis sebanyak 4 kali treatment, setelah itu diberikan post test. Pengujian pre test dan post test kelompok eksperimen mengalami kenaikan yaitu 11 responden dengan rata-rata 6,00 dengan Sum Of Ranks menghasilkan 66,00. Nilai Z yang didapatkan adalah -2,936 dengan asym.sig.(2-tailed) 0,03 yang menunjukkan  bahwa hasil <0,025 artinya hipotesis diterima. Bisa disimpulkan bahwa teknik modeling simbolis efektif untuk meningkatkan self efficacy siswa.

Published
2023-08-31
How to Cite
HIDAYATI, Sri Rahayu Siti Nurul; SUHARMAWAN, Wahid; RAHMAWATI, Weni Kurnia. EFEKTIVITAS TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICCACY SISWA KELAS XII SMK MIN QOTHRTOTUL ULUM GUMUKMAS. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 150-160, aug. 2023. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/3896>. Date accessed: 28 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v3i2.3896.
Section
Articles