TRANSFORMASI PENINGKATAN MUTU SEKOLAH MELALUI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK

  • Reksa Adya Pribadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ananda Fatihah Auliya Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Khanza Shofiana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Muhammad Herlan Yudo Winarno Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Mutmainah Mutmainah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui mengenai transformasi peningkatan mutu sekolah melalui program sekolah penggerak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa teknik untuk pengumpul data, yakni: observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dalam penelitian di salah satu sekolah yang berada di Kota Serang yaitu SDN Rawu bahwa sekolah tersebut telah melakukan pendaftaran sebagai sekolah penggerak pada tahun 2021. Sekolah penggerak bukan berarti sekolah besar dengan sarana prasarana yang lengkap namun sekolah penggerak merupakan sekolah yang dipimpin oleh seorang kepala sekolah yang telah lulus pelatihan dan pembekalan sekolah penggerak tentunya kepala sekolah tersebut mau melakukan perubahan di bidang pendidikan. Di bawah kepemimpinan kepala sekolah yang baik sekolah kecil akan menjadi maju, bahkan sekolah yang peneliti kunjungi boleh dikatakan sekolah yang kecil dengan lahan yang sangat terbatas. Tetapi sekolah tersebut mampu menjadi agen perubahan yang tentunya memacu orang tua untuk menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah tersebut. Berdasarkan paparan data dari hasil pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa Program Sekolah Penggerak merupakan sekolah yang mempunyai semangat bergerak menuju perubahan yang lebih baik. Program sekolah penggerak seperti yang dirumuskan oleh Kemendikbudristek merupakan salah satu inovasi yang dapat mempercepat peningkatkan mutu kualitas pendidikan di Indonesia.

Published
2023-08-30
How to Cite
PRIBADI, Reksa Adya et al. TRANSFORMASI PENINGKATAN MUTU SEKOLAH MELALUI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 137-143, aug. 2023. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/3844>. Date accessed: 28 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v3i2.3844.
Section
Articles