HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL INOVATIF TERHADAP PENINGKATAN SEMANGAT BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Annisa Syukrina Lestari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Encep Andriana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Rokmanah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Pengembangan teknologi dalam dunia Pendidikan terus berkembang semakin pesat. Saat ini, media digital inovatif menjadi salah satu bentuk dari hasil berkembangnya teknologi. Kehadiran pengembangan perangkat aja ini seperti video interaktif, simulasi 3D, dan konten digital lainnya, saat ini menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif bagi peserta didik. Dengan tampilan dan pembawaan yang menarik menjadi pembangkit semangat peserta didik dalam menangkap materi pelajaran, sehingga peserta didik akan terbawa oleh alur pembelajaran yang berlangsung yang akan memberikan pengalaman belajar yang berbeda serta gaya belajar yang bervariasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan kesimpulan yang bermakna dengan pengumpulan data dan menghasilkan data deskriptif. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Secang, penggunaan media digital inovatif ini menjadi salah satu pembangkit semangat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga meningkatkan hasil belajar berdasarkan tujuan pembelajaran. Dalam hal ini, guru perlu mempertimbangkan penyusunan perangkat ajar yang digunakan di dalam kelas.

Published
2023-08-29
How to Cite
LESTARI, Annisa Syukrina; ANDRIANA, Encep; ROKMANAH, Siti. HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL INOVATIF TERHADAP PENINGKATAN SEMANGAT BELAJAR PESERTA DIDIK. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 129-136, aug. 2023. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/3834>. Date accessed: 28 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v3i2.3834.
Section
Articles