ANALISIS STRUKTUR KEBAHASAAN TEKS IKLAN LAYANAN MASYARAKAT

  • Bram Suryantoro Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Bangsa

Abstract

Iklan layanan masyarakat merupakan salah satu iklan yang bersifat non komersil. Iklan layanan masyarakat ditujukan untuk kepentingan sosial. Agar pembuatan iklan layanan masyarakat harus memperhatikan penggunaan bahasa yang menarik agar masyarakat dapat memahami isi dan maksud dari iklan layanan masyarakat tersebut. Analisis struktur kebahasanaan teks iklan layanan masyarakat ini yaitu menganalisis struktur kebahasaan teks iklan layanan masyarakat yang dibuat oleh 27 (dua puluh tujuh) mahasiswa. Penyajian data hasil analisis yaitu secara deskriptif. Menggambarkan hasil analisis struktur kebahasaan teks iklan layanan masyarakat berdasarkan ciri-ciri menggunakan slogan, menggunakan kalimat persuasif, dan menggunakan sudut pandang. Hasil dari analisis struktur kebahasaan teks iklan layanan masyarakat yang dibuat oleh 27 (dua puluh tujuh) mahasiswa terdapat slogan, kalimat persuasif sedangkan penggunaan sudut pandang hanya ada 14 (empat belas) teks iklan layanan masyarakat.

Published
2023-11-06
How to Cite
SURYANTORO, Bram. ANALISIS STRUKTUR KEBAHASAAN TEKS IKLAN LAYANAN MASYARAKAT. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 114-121, nov. 2023. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/3692>. Date accessed: 28 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v3i2.3692.
Section
Articles