PENERAPAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 017 melalui Penerapan Metode Sosiodrama. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan yang terdiri dari 2 siklus setiap siklus 2 kali pertemuan, siklus 1 pertemuan 1 pada tanggal 19 Juli 2021, siklus 2 pertemuan 2 pada tanggal 22 Juli 2021 dan siklus 2 pertemuan 1 pada tanggal 26 Juli 2021 dan siklus 2 pertemuan 2 pada tanggal 28 Juli 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari setiap siklusnya. Pada tahap siklus 1 pertemuan I siswa yang tuntas 9 orang dan yang tidak tuntas 9 orang. Pada siklus 1 pertemuan 2 siswa yang tuntas 11 orang dan yang tidak tuntas 7 orang. Sedangkan pada siklus 2 pertemuan 1 siswa yang tuntas 13 orang dan yang tidak tuntas 5 orang. Pada siklus 2 pertemuan 2 iswa yang tuntas 15 orang yang tidak tuntas 3 orang. Standar ketuntasan hasil belajar siswa atau KKM yang ditetapkan adalah 80. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Sosiodrama dapat meningkatkan aktivitas belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 017 Langgini tahun pelajaran 2021/2022.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 017 melalui Penerapan Metode Sosiodrama. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan yang terdiri dari 2 siklus setiap siklus 2 kali pertemuan, siklus 1 pertemuan 1 pada tanggal 19 Juli 2021, siklus 2 pertemuan 2 pada tanggal 22 Juli 2021 dan siklus 2 pertemuan 1 pada tanggal 26 Juli 2021 dan siklus 2 pertemuan 2 pada tanggal 28 Juli 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari setiap siklusnya. Pada tahap siklus 1 pertemuan I siswa yang tuntas 9 orang dan yang tidak tuntas 9 orang. Pada siklus 1 pertemuan 2 siswa yang tuntas 11 orang dan yang tidak tuntas 7 orang. Sedangkan pada siklus 2 pertemuan 1 siswa yang tuntas 13 orang dan yang tidak tuntas 5 orang. Pada siklus 2 pertemuan 2 iswa yang tuntas 15 orang yang tidak tuntas 3 orang. Standar ketuntasan hasil belajar siswa atau KKM yang ditetapkan adalah 80. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Sosiodrama dapat meningkatkan aktivitas belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 017 Langgini tahun pelajaran 2021/2022.