IMPLEMENTASI PROGRAM GURU PENGGERAK DALAM PROSES REKRUTMEN CALON KEPALA SEKOLAH DI LINGKUNGAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN SITUBONDO TAHUN 2022
Abstract
Guru Penggerak menggerakkan ekosistem sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran murid dan menjadikan refleksi serta evaluasi menjadi basis menentukan kebijakan atau program di sekolah. Ke depan, arah kebijakan Program Guru Penggerak direncanakan akan menjadi program pendidikan calon kepala sekolah dan pengawas sekolah. Tujuan dalam penelitian ini adalah1) Untuk menganalisis Implementasi Program Guru Penggerak dalam Proses Rekrutmen Calon kepala Sekolah di Lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo Tahun 2022 dan 2) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam Proses Rekrutmen Calon kepala Sekolah di Lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo Tahun 2022. Jenis penelitian kualitatif dan lokasi penelitian di Lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo. Pengumpulan data wawancara dan observasi sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Simpulan dalam penelitian ini adalah 1) Peran Program Guru Penggerak dalam Proses Rekrutmen Calon kepala Sekolah di Lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo Tahun 2022 bahwa peran penting mengingat program Guru Penggerak bertujuan untuk mencetak guru yang mampu mengelola 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam proses rekrutmen calon kepala Sekolah di Lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo Tahun 2022 bahwa praktik proses perencanaan kebutuhan kepala sekolah masih belum sesuai dengan ketentuan, yang terindikasi dari waktu yang cukup lama ( beberapa tahun ) bagi beberapa sekolah yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah hingga diangkat. Faktor pendukung adanya mampu mengajak para guru untuk membangun inovasi, skill, dan kompetensi yang dimiliki oleh para guru.