KONSELING RELITAS UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI DIRI SISWA: LITERATURE REVIEW

  • Rachman Hakim Universitas Negeri Padang
  • Netrawati Netrawati Universitas Negeri Padang
  • Zadrian Ardi Universitas Negeri Padang

Abstract

Saat ini, sejumlah besar siswa masuk dalam kategori memiliki tingkat ketahanan yang rendah; Oleh karena itu, diperlukan layanan bimbingan dan konseling yang mengambil pendekatan konseling realitas. Pengembangan resiliensi yang lebih besar di kalangan siswa adalah tujuan dari implementasi konseling realitas. Dalam penelitian ini, digunakan metode studi literatur dengan pendekatan pengumpulan data yang memanfaatkan tinjauan berbagai referensi yang terhubung. Pelaksanaan treatment dengan menggunakan konseling realita dinilai efektif, berdasarkan hasil berbagai penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada diri konseli antara sebelum dan sesudah menerima treatment dengan menggunakan konseling. Berdasarkan hasil dapat disimpilkan bahwa Pelaksanaan konseling realitas sebagai sarana untuk mengatasi resiliensi individu menghadirkan tantangan sekaligus peluang bagi pendidik BK untuk menyesuaikan dan mengembangkan kompetensinya sejalan dengan pergeseran norma budaya dan kemajuan inovasi teknologi. Serta dapat membantu siswa untuk meningkatkan resiliensi dirinya.

Published
2023-08-22
How to Cite
HAKIM, Rachman; NETRAWATI, Netrawati; ARDI, Zadrian. KONSELING RELITAS UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI DIRI SISWA: LITERATURE REVIEW. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 52-57, aug. 2023. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/3406>. Date accessed: 28 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v3i2.3406.
Section
Articles