PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS TEMATIK PADA TEMA PROFESI UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH 01 KOTO BARU

  • Sri Yunimar Ningsih Universitas Dharmas Indonesia
  • Ana Novitasari Universitas Dharmas Indonesia
  • Siska Siska Universitas Dharmas Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang ditemukan peneliti pada observasi awal. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan sebuah produk berupa E-modul untuk pengenalan E-modul berbasis tematik pada tema ptofesi untuk anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 01 Koto Baru yang valid, praktis, dan efektif. Sesuai dengan perkembangan teknologi dan informasi di zaman era revolusi 4.0 ini menuntut dunia pendidikan untuk dapat menyajikan berbagai metode pembelajaran yang kekinian dan sesuai dengan kurikulum yang ada. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE, yakni dengan analysis, design, development, implemention dan evaluation. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket untuk uji validitas, praktikalitas, dan efektifitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dengan validasi Aiken’s V. Hasil validasi E-modul dinyatakan valid dan E-modul sangat layak digunakan dengan hasil rata-rata Aiken’s V oleh ahli materi yaitu 95% deangan hasil rata-rata aiken’s V oleh ahli bahasa yaitu 100% dengan hasil rata-rata Aiken’s V oleh ahli media yaitu 82%. Hasil praktikalitas E-modul dinyatakan sangat praktis dengan hasil rata-rata persentase yaitu 93,84%. Hasil persentase efektivitas yaitu 82,69% dengan E-modul dinyatakan sangatefektif. Dapat disimpulkan E-modul berbasis model pembelajaran tematik anak usia dini di Taman Kanak-kanak dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang ditemukan peneliti pada observasi awal. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan sebuah produk berupa E-modul untuk pengenalan E-modul berbasis tematik pada tema ptofesi untuk anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 01 Koto Baru yang valid, praktis, dan efektif. Sesuai dengan perkembangan teknologi dan informasi di zaman era revolusi 4.0 ini menuntut dunia pendidikan untuk dapat menyajikan berbagai metode pembelajaran yang kekinian dan sesuai dengan kurikulum yang ada. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE, yakni dengan analysis, design, development, implemention dan evaluation. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket untuk uji validitas, praktikalitas, dan efektifitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dengan validasi Aiken’s V. Hasil validasi E-modul dinyatakan valid dan E-modul sangat layak digunakan dengan hasil rata-rata Aiken’s V oleh ahli materi yaitu 95% deangan hasil rata-rata aiken’s V oleh ahli bahasa yaitu 100% dengan hasil rata-rata Aiken’s V oleh ahli media yaitu 82%. Hasil praktikalitas E-modul dinyatakan sangat praktis dengan hasil rata-rata persentase yaitu 93,84%. Hasil persentase efektivitas yaitu 82,69% dengan E-modul dinyatakan sangatefektif. Dapat disimpulkan E-modul berbasis model pembelajaran tematik anak usia dini di Taman Kanak-kanak dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Published
2023-03-31
How to Cite
NINGSIH, Sri Yunimar; NOVITASARI, Ana; SISKA, Siska. PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS TEMATIK PADA TEMA PROFESI UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH 01 KOTO BARU. Consilium: Education and Counseling Journal, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 302-308, mar. 2023. ISSN 2775-9466. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/3373>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/consilium.v3i1.3373.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.